Samsung Janjikan 3 Kali Update Android untuk Ponsel Flagship

Samsung Janjikan 3 Kali Update Android untuk Ponsel Flagship

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 06 Agu 2020 21:12 WIB
Android 10 Logo
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Ada hal menarik pada akhir acara peluncuran Galaxy Note 20, yaitu Samsung menjanjikan tiga kali update OS untuk sejumlah seri ponselnya.

Janji ini bakal diterapkan untuk ponsel seri Galaxy S, Note, dan Z, mulai dari Galaxy S10 dan setelahnya. Sementara untuk Galaxy A, Samsung menjanjikan update-nya akan diberikan jika masih memungkinkan dari segi hardware.

Beberapa tahun belakangan, Samsung memang tengah berusaha menjaga pembaruan OS untuk ponsel lamanya. Seperti mempercepat kehadiran Android versi terbaru di ponsel buatannya. Meski tak bisa secepat Pixel, namun sudah jauh lebih cepat ketimbang sebelumnya.

Sebelum ini, Samsung hanya memberikan menjanjikan pembaruan Android 2 kali untuk ponselnya. Sementara Google menjanjikan tiga kali pembaruan OS untuk setiap ponsel Pixel sejak ponsel tersebut tersedia di Google Store.

Meski begitu, soal update OS, Android belum bisa mengalahkan iOS, baik dari segi kecepatan maupun 'umur' ketersediaan update. Contohnya, iPhone 6S yang dirilis pada 2015 masih akan mendapat iOS terbaru, yaitu iOS 14, lima tahun setelah ponsel itu dirilis.

Namun komitmen Samsung terhadap ketersediaan update ini tetap layak mendapat apresiasi. Karena artinya mereka harus tetap mengembangkan software untuk ponsel yang terbilang sudah jadul, dan sejauh ini ada lebih dari 20 ponsel yang memenuhi syarat untuk mendapat pembaruan software sebanyak tiga kali.



Simak Video "Meski Berprosesor Sama, Ini Bedanya Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)