Cara Download Aplikasi di HP Huawei

Cara Download Aplikasi di HP Huawei

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 06 Agu 2020 21:40 WIB
Huawei AppGallery
Cara Download Aplikasi di HP Huawei. Foto: Huawei
Jakarta -

Kalian sudah memutuskan pakai smartphone Huawei, tapi masih bingung cara download aplikasinya? Tenang, cara download aplikasi di HP Huawei nggak sesulit yang kalian bayangkan kok.

Buat para pengguna ponsel Huawei, pastinya sudah tahu konsekuensi tidak adanya Google Mobile Services (GMS) di perangkat mereka. Sedikit kilas balik, Huawei secara resmi mengandalkan Huawei Mobile Services (HMS) sepenuhnya dan tidak lagi bergantung pada GMS sejak merilis seri Mate 30 dan Mate 30 Pro.

Buat kebanyakan pengguna ponsel Android, ketiadaan dukungan Google tentu jadi pertimbangan penting saat akan memilih ponsel Huawei. Alasannya, takut jadi ribet, takut nggak bisa download aplikasi, dan kekhawatiran lainnya karena sudah ketergantungan pada Google.

Padahal, sebagian besar aplikasi yang kalian gunakan sehari-hari, bisa-bisa aja kok dipakai di perangkat Huawei. Gimana caranya? Nah, berikut ini cara download aplikasi di HP Huawei, seperti dikutip dari website resmi Huawei.


1. Download dari Huawei AppGallery

Huawei

Huawei AppGallery adalah pengganti Google Play Store yang fungsi dan cara kerjanya sama dengan toko aplikasi pada umumnya. Untuk menggunakan salah satu layanan HMS ini, cukup telusuri dan download aplikasi yang kalian butuhkan di sini.

Tak perlu khawatir soal keamanannya, toko aplikasi ini menerapkan fitur deteksi 4 lapisan untuk memastikan aplikasi yang kalian cari aman untuk didownload dan digunakan.

Saat ini, ada puluhan aplikasi lokal yang sudah bisa digunakan, meliputi aplikasi e-commerce, perbankan, perjalanan, hiburan, berita, dan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Toko aplikasi ini punya 420 juta pengguna aktif bulanan, dan didukung oleh 1,6 juta developer. Huawei memastikan jumlah developer dan daftar aplikasinya pun akan terus bertambah.

Oh ya, kalau kalian punya aplikasi favorit yang belum tersedia di Huawei AppGallery, kalian bisa tap tombol daftar keinginan (Wish List) di halaman beranda Huawei AppGallery, dan kirimkan permintaan kalian.

[Gambas:Youtube]



2. Download dari Petal Search Widget

Huawei

Petal Search Widget - Find Apps adalah mesin pencarian berupa widget yang memberikan akses untuk menemukan, menjelajahi dan mendownload berbagai aplikasi yang diperlukan.

Widget ini akan mencarikan aplikasi dari berbagai sumber, baik dari Huawei AppGallery maupun penyedia APK pihak ketiga. Untuk menggunakannya, kalian harus download Petal Search Widget dulu di AppGallery. Caranya:

  • Cari widget ini dengan mengetikkan 'Petal Search - Find Apps' di kolom pencarian AppGallery
  • Install Petal Search - Find Apps
  • Tampilkan di Home Screen
  • Dari Petal Search - Find Apps yang sudah ada di Home Screen, kalian tinggal ketikkan aplikasi yang diinginkan, dan mesin pencarian ini akan mencarikannya.

Petal Search Widget - Find Apps telah mendukung lebih dari 40 bahasa dan tersedia di 45 negara dan area. Ke depannya, Petal Search Widget akan hadir di lebih banyak negara dengan dukungan lebih banyak bahasa.

[Gambas:Youtube]

3. Phone Clone

Huawei

Cara paling mudah untuk install semua aplikasi penting yang diperlukan adalah dengan menggunakan Phone Clone. Cara ini memungkinkan kalian mentransfer semua data, termasuk aplikasi, dari ponsel lama ke ponsel Huawei baru hanya dengan beberapa tap. Begini caranya:

  • Aktifkan aplikasi Phone Clone yang sudah didownload di ponsel lama dan ponsel baru. Jika ponsel lama kalian bukan produk Huawei pun, kalian tinggal mendownloadnya dulu dari Play Store atau App Store
  • Pada smartphone lama, pilih 'This is the old phone' dan pada ponsel baru pilih 'This is the new phone'
  • Izinkan aplikasi Phone Clone mengakses berbagai file di ponsel lama
  • Pada perangkat baru, pilih tipe sistem operasi yang dijalankan ponsel lama, Android atau iOS
  • Koneksikan ponsel lama ke ponsel Huawei baru kalian lewat WiFi atau scan barcode ponsel lama
  • Pilih file apa saja yang ingin ditransfer ke ponsel baru kalian, termasuk aplikasi di ponsel lama tentunya. Lalu tap 'transfer', selesai.

Sebagai catatan, jika ponsel lama kalian merek non-Huawei, proses transfer data akan memakan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan transfer sesama ponsel Huawei. Jadi, sabar ya.

[Gambas:Youtube]


Lihat sendiri kan, nyatanya sebagian besar aplikasi yang biasa kalian pakai bisa digunakan di perangkat Huawei dengan cara download aplikasi di HP Huawei yang sudah dijelaskan di atas.

Buat kalian para pengguna baru smartphone Huawei, atau yang berencana menggunakan perangkat ini dan menjajal HMS, cuma perlu melakukan beberapa penyesuaian.

Kalau sudah terbiasa, kurang lebih rasanya akan sama saja dengan ketika kalian menggunakan GMS. Gimana? Semoga kalian nggak bingung lagi ya. Silakan dicoba!

(rns/rns)