Tinggalkan Intel, Apple Bisa Ngirit Miliaran Dollar

Tinggalkan Intel, Apple Bisa Ngirit Miliaran Dollar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 09 Jul 2020 09:03 WIB
SAN JOSE, CALIFORNIA - JUNE 03: The new Mac Pro is displayed during the 2019 Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) at the San Jose Convention Center on June 03, 2019 in San Jose, California. The WWDC runs through June 7. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Keputusan Apple meninggalkan Intel sebagai penyuplai prosesor untuk perangkat Mac dinilai membuat mereka bisa mengirit pengeluaran mereka, mencapai miliaran dollar.

Pada ajang WWDC 2020 lalu, Apple mengeluarkan keputusan bahwa mereka tak lagi menggunakan prosesor Intel untuk perangkat Mac. Mereka akan mulai menggunakan chip berbasis ARM untuk perangkat Mac generasi selanjutnya.

Menurut analis di Trefis, keputusan ini bisa membuat Apple bisa mengirit USD 2,2 miliar. Angka ini didasarkan dari harga rata-rata prosesor Intel di pasaran dibandingkan dengan harga system on a chip (SoC) yang ada di iPhone, tentunya dengan sejumlah penyesuaian.

Menurut analisis ini, secara teoritis, Apple bisa mengirit sekitar USD 110 untuk setiap chipnya. Jika angka tersebut dikalikan dengan jumlah perangkat Mac yang dikapalkan oleh Apple, maka muncul angka USD 2,2 miliar setiap tahunnya.

Tentunya analisis ini didasarkan jika Apple menggunakan SoC yang sama dengan iPhone. Tentunya (atau seharusnya) Apple mendesain chip anyar yang disesuaikan dengan kebutuhan perangkat Mac, agar performanya bisa setara atau malah lebih kencang ketimbang prosesor x86/x64 buatan Intel.

Namun keuntungan peralihan dari chip Intel ke Apple Silicon (nama chip ARM untuk Mac) tak cuma dari segi biaya, melainkan juga menghilangkan ketergantungan Apple terhadap chip Intel, kaitannya tentu dengan performa chip tersebut dan juga integrasi yang lebih bagus antara hardware dan software, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (9/7/2020).



Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)