Samsung Kembangkan Casing Ponsel Antimikrobial

Samsung Kembangkan Casing Ponsel Antimikrobial

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 04 Jul 2020 18:09 WIB
Casing antimikrobial Samsung
Foto: Letsgodigital
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir membuat banyak perusahaan terus berinovasi untuk mengembangkan produk yang bisa menghambat penyebaran virus Corona. Salah satunya Samsung yang disebut tengah mengembangkan casing ponsel anti mikrobial.

Hal ini diketahui dari pendaftaran paten 'Antimicrobial Coating' yang didaftarkan Samsung pada 30 Juni lalu. Pendaftaran paten ini dilakukan Samsung di sejumlah negara, seperti Inggris, Spanyol, Italia, dan Swiss.

Dalam deskripsi paten tersebut dijelaskan kalau teknologi ini dibuat untuk casing pelindung dan lapisan untuk ponsel dan tablet, demikian dikutip detikINET dari Letsgodigital, Sabtu (4/7/2020).

Jika diasumsikan, casing ini bakal mempunyai lapisan antimikrobial yang bisa menghambat penyebaran virus corona. Dari penelitian yang sebelumnya sudah ada disebutkan kalau lapisan antimikrobial akan terbebas dari virus tersebut selama 90 hari.

Dari pendaftaran paten tersebut, Samsung memperlihatkan gambar sebuah tameng dengan tiga objek di luarnya yang tampaknya mengacu pada virus Corona. Tak ada penjelasan lain mengenai pendaftaran paten ini.

Selain itu, permukaan yang dilapisi antimikrobial bisa membunuh 90% virus setelah 10 menit, dan mencapai 99,9% setelah dua jam diberi lapisan.

Jadi lapisan antimikrobial semacam ini sangat cocok untuk digunakan di benda-benda yang dipakai sehari-hari, salah satunya ponsel. Karena ponsel adalah salah satu benda yang sering dipegang, dan permukaannya tentu bisa menjadi sarana penyebaran virus Corona.

Teknologi di balik Antimicrobial Coating ini sebenarnya bukan hal baru dan sudah dipakai di rumah sakit sejak lama untuk melawan penyebaran infeksi. Lapisan ini bekerja dengan memecah protein dari virus dan menyerang lapisan pelindung lemaknya.

Samsung sendiri bakal meluncurkan ponsel flagship terbarunya dalam waktu dekat, yaitu Galaxy Note 20. Bukan tak mungkin ponsel ini akan jadi ponsel pertama mereka yang dilengkapi casing antimikrobial ini.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)