Snapdragon 875 Bakal Bikin Harga Ponsel Flagship Makin Mahal

Snapdragon 875 Bakal Bikin Harga Ponsel Flagship Makin Mahal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 29 Jun 2020 14:22 WIB
Snapdragon 865
Snapdragon 875 Bakal Bikin Harga Ponsel Flasghip Makin Mahal Foto: Lucky Sebastian
Jakarta -

Ponsel flagship Android yang diluncurkan tahun ini sudah dirasa cukup cukup mahal. Tapi harga ponsel flagship yang meluncur tahun depan sepertinya akan membuat dompet makin meringis karena menggunakan chipset yang lebih mahal.

Dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (29/6/2020) rumor dari Korea Selatan menyebutkan bahwa chipset Snapdragon 875 akan dibanderol dengan harga lebih mahal dibanding pendahulunya. Chipset ini tentu akan menjadi pilihan vendor untuk mentenagai ponsel flagshipnya.

Snapdragon 875 diperkirakan akan dijual oleh Qualcomm dengan harga USD 250. Harga ini sudah mencakup prosesor dan modem Snapdragon X60 5G yang sudah terintegrasi.

Sedangkan saat ini Snapdragon 865 dijual ke vendor dengan harga antara USD 150-160. Artinya harga Snapdragon 875 akan dipatok USD 100 lebih mahal dibanding pendahulunya.

Jika rumor ini benar, maka dampaknya akan terlihat pada harga ponsel flagship yang akan jauh lebih mahal mengingat chipset-nya saja akan menjadi USD 100 lebih mahal dibanding sebelumnya.

Sumber rumor yang sama juga mengatakan bahwa Xiaomi juga memperdebatkan bagaimana cara mereka mematok harga untuk ponsel flaghsip selanjutnya yang menjalankan Snapdragon 875. Xiaomi sendiri baru-baru ini meluncurkan Mi 10 yang ditenagai Snapdragon 865 dengan harga Rp 9,999 juta.

Tapi ini tentu bukan hanya masalah Xiaomi mengingat chipset ini akan digunakan di sebagian besar ponsel flagship Android yang meluncur di tahun 2021.

Dengan makin mahalnya harga chipset flagship buatan Qualcomm, sepertinya vendor akan beralih menggunakan chipset Snapdragon seri 700. Bahkan beberapa mungkin akan melirik chipset buatan Samsung dan MediaTek.

Snapdragon 875 sendiri belum diumumkan oleh Qualcomm, tapi spesifikasi dan performanya akan mengungguli pendahulunya. Snapdragon 875 akan dibuat oleh TSMC dan menjadi prosesor pertama Qualcomm dengan fabrikasi 5nm.



Simak Video "6 Fitur Baru WhatsApp: Cari Chat Sesuai Tanggal hingga Cari Gambar di Web"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)