Bocoran Mac Pertama dengan Chip ARM: MacBook Pro dan iMac

Bocoran Mac Pertama dengan Chip ARM: MacBook Pro dan iMac

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Jun 2020 19:15 WIB
MacBook Pro
Apple MacBook Pro. (Foto: Apple)
Jakarta -

Menjelang digelarnya Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020, bocoran mengenai perangkat Mac dengan prosesor ARM sudah muncul duluan.

Analis Ming-chi Kuo memprediksi kalau perangkat Mac pertama yang bakal memakai prosesor ARM buatan Apple adalah iMac dan MacBook Pro baru, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (22/6/2020).

Menurut Kuo, iMac baru itu bakal punya layar berukuran 24 inch dengan bezel yang lebih tipis dari sebelumnya. iMac tersebut bakal tersedia dalam dua varian menurut Kuo, yaitu varian dengan prosesor Intel dan varian dengan prosesor ARM.

Versi Intel menurutnya bakal dirilis pada Q3 2020, namun versi ARM baru akan tersedia pada Q1 2021 mendatang. Selain iMac, Kuo juga memprediksi kalau MacBook Pro bakal mempunyai varian dengan prosesor ARM.

Namun MacBook Pro tersebut baru akan diproduksi pada pertengahan 2021. Masa transisi sampai akhirnya semua perangkat Mac akan menggunakan prosesor ARM tersebut diperkirakan membutuhkan waktu 12 sampai 18 bulan.

Tak cuma itu, Kuo juga memperkirakan kalau Mac dengan prosesor ARM tersebut bakal lebih kencang dibanding Mac yang masih memakai Intel, dan selisih performanya menurut Kuo bakal mencapai 50% sampai 100%.

Namun yang perlu dicatat adalah performa ini bakal bergantung pada prioritas yang dipilih Apple, yaitu antara efisiensi daya atau performa. Jadi Apple bisa saja memprioritaskan daya tahan baterai yang lebih lama namun dengan performa setara, atau daya tahan baterai sama namun dengan performa lebih tinggi.

Prediksi Kuo bahwa perangkat Mac dengan prosesor ARM ini akan hadir lebih dulu di MacBook Pro dan iMac bukan tak berdasar. Pada WWDC 2005 Apple mengumumkan akan meninggalkan prosesor PowerPC dan beralih ke Intel, dan perangkat pertama yang dirilis dengan prosesor Intel tersebut adalah iMac dengan prosesor Intel Core Duo dan MacBook Pro yang menggantikan PowerBook G4.

Dengan prediksi seperti ini, kemungkinan Apple tak akan memamerkan perangkat Mac dengan prosesor ARM di WWDC 2020. Mungkin Apple lebih memilih untuk memberikan akses ke developer terlebih dahulu agar mereka bisa mengadaptasi aplikasi buatannya di platform baru tersebut.



Simak Video "Yang Terbaru dari iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)