Menjajal Kamera Pengawas Ezviz C6N

Menjajal Kamera Pengawas Ezviz C6N

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 03 Jun 2020 14:36 WIB
Review Ezviz C6N
Ezviz C6N. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Nama Ezviz mungkin terasa kurang dikenal sebagai produsen kamera pengawas. Sebenarnya Ezviz adalah sub brand dari Hikvision, sebuah nama besar di ranah produsen CCTV.

Kali ini detikINET berkesempatan menjajal performa salah satu produk Ezviz, yaitu C6N yang merupakan IP cam yang punya resolusi 1080p dan dilengkapi dengan motor penggerak. Tak cuma itu, produk ini pun dijanjikan punya kualitas gambar yang mumpuni, baik dalam keadaan terang maupun gelap. Benarkah? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Ruang pandang 360 derajat


Salah satu keunggulan C6N yang dibanggakan Ezviz adalah kemampuan motor penggerak yang ada di kamera tersebut. Motor penggerak ini membuat C6N bisa melakukan tilt dan pan dan juga dipasangkan dengan fungsi pelacakan pintar.

Review Ezviz C6NReview Ezviz C6N Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Fungsi pelacakan ini membuat kamera berbentuk dome ini bisa mengikuti objek bergerak secara otomatis, sehingga tak terpaku pada satu arah pandang saja.

Ruang pandang yang luas tentu tak ada artinya jika kualitas gambar yang dihasilkan tak mumpuni. Untungnya, C6N dilengkapi pencahayaan inframerah, yang dijanjikan bisa merekam gambar dengan lebih baik dalam kondisi kurang cahaya.

Ketika kami uji, gambar yang dihasilkan saat fitur Smart IR ini diaktifkan memang terbilang cukup jelas dan bisa merekam detail gambar yang baik meski dalam kondisi kurang cahaya, atau lebih tepatnya, sangat gelap.

Review Ezviz C6NPerbandingan hasil rekaman saat kondisi terang dan gelap, baik menggunakan mode smart IR ataupun tidak. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Pengguna juga bisa melakukan pembesaran secara digital pada video yang sudah direkam, dengan pembesaran mencapai 8x.

2. Instalasi mudah


Dalam paket penjualan C6N, Ezviz juga menyertakan kabel USB-A to microUSB sepanjang 3 meter berikut dengan adaptor listriknya. Kabelnya yang relatif panjang ini memudahkan instalasi, sehingga penggunanya tak perlu mencari kabel sendiri.

Review Ezviz C6Nport LAN dan microUSB di bagian belakang kamera. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Soal pemasangannya pun cukup fleksibel, bisa horizontal ataupun vertikal. Ezviz pun memberikan semacam stiker panduan dalam melubangi tembok untuk memastikan kamera berwarna dasar putih ini mempunyai dudukan yang pas saat dipasang.

Review Ezviz C6NPlat untuk memasang kamera di tembok, baut yang diperlukan, serta panduan untuk melubangi tembok. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Instalasinya pun terbilang mudah. Setelah dihubungkan ke koneksi listrik, pengguna cukup menunggu lampu LED yang ada di dekat lensa kamera berubah menjadi warna biru. Setelah itu tinggal sambungkan kamera ke ponsel lewat aplikasi Ezviz, pengguna akan diarahkan untuk memindai barcode yang ada di bagian bawah kamera. Pengguna kemudian akan diarahkan untuk login ke koneksi WiFi yang ada.

Aplikasi yang intuitif


Lewat aplikasi Ezviz, pengguna bisa mengontrol sejumlah fungsi di C6N. Contohnya mengatur pencahayaan infra merah, mengaktifkan fitur auto tracking. Secara default, kamera ini akan otomatis merekam jika ada pergerakan yang terekam oleh kamera. Juga ada opsi untuk memberikan notifikasi ke ponsel pengguna jika mendeteksi gerakan.

Fitur Smart IR juga akan aktif otomatis saat kamera mendeteksi cahaya yang redup, contohnya saat malam hari. C6N juga punya slot kartu microSD dengan ukuran maksimal 256GB, meski ada juga opsi untuk menyimpan ke Ezviz Cloud sebagai cadangannya.

Review Ezviz C6NSlot microSD yang ada di bawah lensa. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Salah satu fitur yang menurut detikINET cukup menarik adalah two-way talk, di mana penggunanya bisa memakai C6N untuk berkomunikasi dua arah antara ponsel dan kamera. Contoh penggunaannya adalah berkomunikasi dengan anak yang ada di rumah saat orang tua berada di kantor sambil melihat video yang direkam oleh C6N.

Fitur berikutnya ialah sleep mode yang akan beristirahat sejenak untuk melakukan aktivitas rekaman hingga Anda mengaktifkannya kembali. Seluruh fitur pada smart camera Ezviz C6N ini hanya dapat diaktifkan menggunakan aplikasi Ezviz yang terpasang pada smartphone.

Dengan bermacam fitur dan kualitas gambar yang direkamnya, menurut kami Rp 400 ribuan adalah harga yang pantas untuk Ezviz C6N.



Simak Video "Terekam CCTV! 2 Wanita Curi Baju Lebaran "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)