iPhone 12 Bakal Pakai Layar OLED Baru, Seperti Apa?

iPhone 12 Bakal Pakai Layar OLED Baru, Seperti Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 25 Mei 2020 11:08 WIB
NEW YORK, NY - JULY 23: The Apple logo hangs in front of an Apple store on July 23, 2013 in New York City. Apple is due to report third-quarter earnings after the markets close Tuesday. Apple, the California based technology company, has watched its stock sink to $427.68 a share from an all-time high of $702 last September. The company is under pressure to release a new blockbuster product.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Foto: Gettyimages - Spencer Platt
Jakarta -

iPhone 12 dan 12 Pro disebut bakal diperkenalkan dengan sejumlah pembaruan teknologi yang signifnikan, utamanya pada bagian layar yang dipakai.

Dalam laporan yang dirilis oleh Display Supply Chain Consultants (DSCC), terungkap sejumlah pembaruan yang akan dilakukan Apple tersebut. Apa saja sih?

iPhone 12 Pro Max
iPhone 12 Pro Max bakal menggunakan layar OLED 6,68 inch yang dipasok oleh Samsung Display. Resolusinya adalah 2788 x 1284 pixel yang membuatnya punya kepadatan pixel serupa dengan iPhone 11 Pro Max, yaitu 458 pixel per inch.

Perubahan signifikan dibanding pendahulunya adalah penggunaan teknologi Y-OCTA, yang membuat sirkuit layar sentuhnya bisa dibenamkan ke dalam panel OLED tanpa perlu lapisan tambahan. Alhasil layarnya bisa lebih tipis dan biaya produksinya lebih murah.

Layar ini masih akan dinamai 'Super Retina XDR' seperti yang ada di iPhone 11 Pro. Namun tampaknya Apple bakal lebih serius soal layarnya ini, salah satunya adalah mendukung kedalaman warna 10 bit, yang artinya layar tersebut bisa menampilkan 1 miliar warna.

Layar dengan kedalaman warna seperti itu sejauh ini baru ada di OnePlus 8 Pro dan Oppo Find X2 Pro. DSCC juga percaya Apple bakal mengikuti patokan branding 'XDR' mereka dengan lebih ketat, yaitu dengan meningkatkan tingkat kecerahan maksimalnya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (25/5/2020).

Ambyar