AMD Pastikan Chip B450 & X470 Bakal Dukung CPU Zen 3

AMD Pastikan Chip B450 & X470 Bakal Dukung CPU Zen 3

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 20 Mei 2020 15:47 WIB
AMD Ryzen
AMD Pastikan Chip B450 & X470 Bakal Dukung CPU Zen 3 (Foto: AMD)
Jakarta -

AMD menarik keputusannya terkait dukungan terhadap CPU Zen 3 yang bakal mereka rilis. Yaitu CPU tersebut bakal bisa dipakai di motherboard B450 dan X470 yang ada saat ini.

Pada awal Mei, AMD mengumumkan kalau arsitektur Zen 3 terbarunya tak akan bisa dipakai di motherboard seri 400, meski dengan pembaruan BIOS. Pengumuman ini tentu mendapat tanggapan negatif dari para penggunanya.

Namun tampaknya AMD menyadari kritik ini dan menarik keputusannya. Yaitu, motherboard dengan chip B450 dan X470 bakal mendukung penggunaan prosesor Zen 3 lewat pembaruan BIOS.

AMD bakal mendukung para pembuat motherboard dengan menyediakan beta BIOS untuk B450 dan X470 dengan dukungan Zen 3. Namun bedanya dibanding versi sebelumnya, BIOS ini bakal mematikan dukungan terhadap sejumlah prosesor Ryzen sebelumnya.

Mereka pun memastikan kalau ini adalah pembaruan terakhir untuk motherboard seri 400. Jadi CPU yang dirilis setelah Zen 3 dipastikan tak akan didukung oleh kedua chip motherboard ini.

AMD pernah berkomitmen bahwa mereka akan mempertahankan socket AM4 yang sudah ada sejak 2016 dan berkomitmen menggunakan socket yang sama setidaknya sampai 2020, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (20/5/2020).

Komitmen inilah yang menjadi salah satu nilai plus AMD dibanding Intel, yang 'rajin' mengganti platform socket untuk prosesor terbarunya. Alhasil setiap mereka merilis prosesor baru, kemungkinan besar penggunanya pun perlu memakai motherboard baru.

Sementara di AMD, setidaknya sampai peluncuran Ryzen seri 3000, pengguna masih bisa menggunakan socket yang sama, yaitu AM4, yang sudah ada sejak lama. Begitu pula dengan motherboard dengan chip seri sebelumnya yang bisa diperbarui dukungannya lewat BIOS.



Simak Video "AMD dan Intel Kejar-kejaran Jajaki Portofolio Laptop Asus"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)