Rekomendasi HP di Bawah Rp 2 Juta buat Hari Raya

Kolom Telematika

Rekomendasi HP di Bawah Rp 2 Juta buat Hari Raya

Lucky Sebastian - detikInet
Senin, 18 Mei 2020 11:50 WIB
Ilustrasi Smartphone
Rekomendasi HP di Bawah Rp 2 Juta buat Hari Raya. Foto: Julian Chokkattu/Digital Trends
Jakarta -

Memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, biasanya smartphone jadi salah satu produk yang paling banyak dibeli.

Buat yang punya rezeki lebih, momen ini tepat untuk memberi hadiah smartphone bagi orang tua agar bisa tetap berkomunikasi, atau hadiah kenaikan kelas bagi anak, adik, atau keponakan yang bermanfaat digunakan untuk tetap bisa belajar dari rumah.

Di musim pandemi, smartphone dianggap semakin penting untuk menunjang komunikasi dan segala aktivitas yang dilakukan dari rumah. Tapi di sisi lain, banyak dari kita juga harus lebih berhemat dalam anggaran agar bisa bertahan selama pandemi.

Untuk itu, kemungkinan besar pilihannya akan jatuh pada smartphone dengan harga terjangkau. Untuk perangkat yang harganya di bawah Rp 2 juta, sekarang ini cukup banyak tipe. Wajar jika banyak yang bingung memilihnya.

Setelah sebelumnya dibahas tips memilih HP di bawah Rp 2 juta, berikut beberapa rekomendasi smartphone dengan harga terjangkau yang bisa dilirik untuk momen Ramadhan, Hari Raya, dan kenaikan kelas.

Galaxy A01Samsung Galaxy A01. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung Galaxy A01

Ini salah satu dari sedikit smartphone Samsung dengan chipset Snapdragon 439. Banyak penggemar menginginkan perpaduan nama besar Samsung dengan chipset Snapdragon.

Layar HD+ nya berpanel PLS LCD, 10% lebih terang dan sudut pandang lebih lebar. Antar Muka OneUI-nya bagus, tertata, dan mudah digunakan, termasuk mode easy untuk orang tua atau anak-anak yang membuat tampilan lebih sederhana dengan icon dan huruf yang lebih besar.

Layar dan body-nya yang lebih kecil membuatnya lebih mudah digunakan satu tangan dan dikantungi.

Galaxy A01 juga memiliki kunci pengenalan wajah, dengan 2 kamera belakang 13 dan 2 MP untuk membuat foto potrait atau bokeh blur, dan kamera selfie 5 MP.

Smartphone ini sudah dilengkapi juga dengan tata suara Dolby Atmos yang lebih hidup seperti di bioskop untuk menikmati film dan lagu. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 1,699 juta.

Redmi 8A ProRedmi 8A Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Redmi 8A Pro

Seri ini menjadi smartphone dengan Snapdragon 439 paling baru dari Xiaomi. 'Hape Kece Batere Gede' begitu taglinenya, karena mengusung baterai 5000 mAh dan fast charging, memungkinkannya digunakan hingga 2-3 hari.

Dual kamera belakangnya 13 dan 2 MP untuk membuat foto potrait bokeh atau efek blur. Kamera selfie-nya beresolusi 8 MP, sekaligus menjadi kunci pengenalan wajah yang cepat.

Fitur tambahan yang menarik adalah tersedianya radio FM free cord. Biasanya, radio FM di smartphone membutuhkan bantuan earphone yang berfungsi sebagai antena tambahan untuk aktif, sementara di smartphone Redmi ini sudah dilengkapi antena penerima sendiri, sehingga bisa didengarkan bersama-sama lewat speakernya.

Genggaman tangan membantu menjadikan tubuh sebagai 'antena tambahan' untuk penerimaan radio yang lebih jernih. Harga smartphone Redmi 8A Pro adalah Rp 1,549 juta.

vivo y11Vivo Y11. Foto: Vivo

Vivo Y11

Smartphone dengan Snapdragon 439 ini memiliki kunci sidik jari di belakang, selain pengenalan wajah. Jadi, kita bisa memilih mana keamanan biometrik yang nyaman buat kita.

Biometrik sidik jari dari sisi keamanan lebih tinggi dibanding pengenalan wajah 2D lewat kamera.

Kamera depannya berbekal sensor 8 MP dan dilengkapi AI face beauty yang biasanya akan disukai para wanita karena membuat foto-fotonya terlihat cantik. Dual kamera belakang 13 dan 2 MP mendukung efek bokeh yang didukung AI atau kecerdasan buatan.

Baterai smartphone ini juga jumbo, 5000 mAh sehingga akan bertahan sangat lama. Ponsel dengan layar 6,35 inch ini punya desain bagus. Body belakangnnya bergradasi warna kekinian merah atau biru. Vivo Y11 dibanderol Rp 1,899 juta.

Redmi Note 8Redmi Note 8. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Redmi Note 8

Buat yang rela daya tahan baterainya tidak selama Redmi 8, tetapi memilih performa lebih, Redmi Note 8 ini sepertinya cocok buat kalian.

Ponsel ini sudah menggunakan chipset Snapdragon 665 yang lebih bertenaga, didukung CPU Kryo 260 dan GPU Adreno 610 untuk melahap game-game yang lebih berat.

Untuk urusan fotografi, Redmi Note 8 dibekali 4 buah kamera, dengan kamera utama resolusi tinggi 48 MP, mendukung lensa super lebar 8 MP, lensa makro untuk foto jarak dekat 2 MP, dan lensa bokeh 2 MP.

Kamera selfienya juga punya resolusi cukup besar yakni 13 MP dengan fitur AI beauty.

Layar depan dan body belakang smartphone ini sudah menggunakan kaca pelindung Gorilla Glass 5. Dengan banyak kelebihan, smartphone Redmi ini dihargai Rp 1,899 juta.

Itu dia beberapa rekomendasi smartphone di bawah Rp 2 juta, dengan chipset bertenaga tetapi irit daya dari Qualcomm yang menarik untuk dilirik buat Lebaran.

Karena smartphone budget sekarang sudah bisa diandalkan, terutama daya tahannya, banyak juga pemilik smartphone membelinya untuk digunakan sebagai ponsel kedua atau backup.

Semoga rekomendasi smartphone di bawah Rp 2 juta ini bisa membantu kalian yang sedang bingung menentukan pilihan ya.

*) Lucky Sebastian adalah pendiri komunitas teknologi Gadtorade dan pengamat gadget. Kalian bisa berkonsultasi semua hal tentang gadget kepada Lucky Sebastian dengan mengajukan pertanyaan di link berikut ini.



Simak Video "Suramnya Industri Ponsel Dihantam Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)