Nvidia Pamer GPU Baru Lewat Video Unik

Nvidia Pamer GPU Baru Lewat Video Unik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 15 Mei 2020 05:15 WIB
CEO Nvidia Jensen Huang
Nvidia Pamer GPU Baru Lewat Video Unik (Foto: Screenshot Video Nvidia)
Jakarta -

Menjelang keynotenya di GPU Technology Conference (GTC) 2020, Nvidia mulai sedikit mengungkap chip grafis barunya, yaitu lewat sebuah video unik.

Dalam video tersebut terlihat CEO Nvidia Jensen Huang sedang 'memasak' sebuah kartu grafis terbesar di dunia. Huang tampak mengeluarkan sebuah papan yang sangat berat dari sebuah oven.

Kemungkinan besar, papan tersebut menggambarkan kartu grafis Tesla yang berbasis arsitektur Ampere, yang punya delapan chip GPU, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (14/5/2020).

Baru-baru ini Nvidia sendiri memang mendaftarkan hak paten untuk DGX A100, sebuah produk yang tampaknya bakal menjadi pembaruan dari sistem deep learning DGX-1 yang sudah ada.

GPU yang diangkat oleh Huang itu kemungkinan adalah Nvidia A100, penerus P100 yang berbasis Pascal, dan V100 yang berbasis Volta. Ya, acara GTC 2020 memang lebih ditujukan untuk produk kelas workstation, jadi kemungkinan besar GPU Ampere untuk konsumer baru akan diluncurkan beberapa bulan ke depan.

Nvidia hampir dipastikan akan menyusul AMD dengan menggunakan pabrikasi 7nm di Ampere. Pasalnya awal Mei ini Nvidia disebut sudah melakukan pemesanan besar-besaran ke TSMC untuk chip berbasis 7nm.

[Gambas:Youtube]

(asj/fay)