Smart Speaker Unik, Dirancang Untuk Suara Orang Indonesia

Smart Speaker Unik, Dirancang Untuk Suara Orang Indonesia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 12 Mei 2020 13:25 WIB
Smart Speaker Widya Wicara Prima
Smart speaker Widya Wicara (Widya Informasi Nusantara)
Jakarta -

Saat work from home, kita butuh ditunjang perangkat yang membantu. Ada smart speaker baru yang dirancang untuk suara natural berbahasa Indonesia.

Smart speaker memang semakin diminati seiring kebutuhan yang meningkat untuk kerja dan hiburan dari rumah. Smart speaker juga terdapat asisten virtual yang penggunanya diprediksi oleh Statista akan mencapai 2,2 milyar tahun 2020.

Salah satu pilihan itu dibuat PT Widya Informasi Nusantara yang memperkenalkan smart speaker berbahasa Indonesia dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP). Namanya adalah Widya Wicara Prima yang hasil suaranya diklaim sangat natural untuk suara Indonesia dan interaktif.

"Widya ingin menjadi sahabat terdekat orang Indonesia dan speaker pintar Indonesia" kata CMO Widya Informasi Nusantara, Handlee Susanto dalam peluncuran virtual, Selasa (12/5/2020).


Menurut Handlee, smart speaker ini ditujukan untuk konsumen segala usia karena kontennya pun beragam dari anak-anak sampai manula. Kompetitor terdekatnya diakui Handlee adalah Google yang juga meluncurkan smart speaker, namun Widya menurutnya sudah fokus dengan konten Indonesia.

"Ini adalah karya anak bangsa, kontennya adalah buatan dalam negeri, desainnya elegan dan didukung spesifikasi teknis yang mumpuni," kata COO Widya Informasi Nusantara, Patrick Simamora.

Widya Wicara Prima dilengkapi fitur pemutar musik, radio, podcast beragam tema, pantau virus Corona, membaca Al-Qur'an, fitur Ramadhan, berita, perkiraan cuaca, kalender, alarm dll. Sumber datanya diambil dari BMKG, Muslimnesia, Pro Sehat, Audio Buku dan sumber kredibel lain.

Seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, dengan mengucapkan, "Hai Widya" atau "Halo Widya". Teknologi AI pada Widya dapat merespon perintah suara selain dapat diaktifkan dengan koneksi internet dari aplikasi Widya Wicara di Google Play dan menyusul nanti di App Store.


Smart speaker ini bisa menerima perintah suara dari jarak 8-10 meter. Patrick mengakui sekat atau dinding bisa mempengaruhi. Untuk daya listrik, ia mesti tersambung langsung dengan steker.

"Ke depannya kita persiapkan baterai untuk konsumsi listrik smart speaker di masa depan," kata Patrick.

Widya Wicara Prima sudah dijual online di Shoope dan akan tersedia offline di Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Produk ini dipasarkan dengan harga Rp 1.499.000.

Spesifikasi
1. Dimensi : 95mm x 95mm (kotak) x 180mm (tinggi)
2. LED : 12pcs lampu LED
3. Warna : Hitam, Putih
4. Mikrofon : Kuantitas 6 Mikrofon
5. Konektifitas : Bluetooth 4.0
6. WI-FI : 2.4G IEEE802. 11b/g/n
7. Speaker Power/Output : 5W (Hardware)*2 / 3W (Output)*2
8. Frekuensi : 150Hz - 18Khz (±6dB)
9. Kapasitas Internal : 8 GB
10. Daya : 12V / 1.5A
11. Frekuensi : 50 / 60Hz 0.6A



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)