Apple Kuasai Pasar Smartwatch Kuartal Pertama 2020

Apple Kuasai Pasar Smartwatch Kuartal Pertama 2020

Josina - detikInet
Jumat, 08 Mei 2020 22:05 WIB
olahraga pakai perangkat atau smartwatch. Olahraga dengan beban atau angkat beban (latihan beban).
Apple Kuasai Pasar Smartwatch Kuartal Pertama 2020. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Menurut laporan baru dari Strategy Analytics penjualan online jam tangan pintar tumbuh pada kuartal pertama 2020. Pertumbuhan ini mencapai hingga 20 persen di kuartal pertama dengan mencapai 13,7 juta unik naik dari 11,4 juta dari kuartal sebelumnya.

Dilansir detikINET dari Mac Rumors, Apple Watch masih mempertahankan posisi teratasnya yang dominan dengan pangsa pasar 55 persen diikuti oleh Samsung dan Garmin yang naik ke tempat ketiga.

Pada kuartal pertama 2020 ada 7,6 juta unit Apple Watch yang dikirimkan naik 23 persen dari 6,2 juta yang dikirim pada kuartal yang sama di tahun lalu. Pangsa pasar Apple Watch naik sedikit dari 54 persen menjadi 55 persen.

Lalu Samsung telah mengirimkan 1,9 juta unit jam tangan pintar angka ini naik dari 1,7 juta di tahun lalu. Namun pangsa pasarnya menurun dari 15 persen menjadi 14 persen, hal ini karena adanya kombinasi dari krisis kesehatan di Korea Selatan serta adanya persaingan yang keluar dari Garmin dan pesaing lainnya.

Garmin telah mengirim 1,1 juta unit naik dibandingkan dengan tahun lalu yang mengirim hanya 800 ribu unit. Meningkat 38 persen dari tahun ke tahun dan pertumbuhan pangsa pasar Garmin juga naik dari 7 menjadi 8 persen.

Strategy Analytics memprediksi adanya perlambatan pertumbuhan pada kuartal kedua 2020, dengan pemulihan di paruh kedua tahun ini ketika toko ritel dibuka kembali, serta prediksi adanya kebutuhan konsumen akan jam tangan pintar untuk membantu memantau kesehatan mereka.

"Pengiriman jam tangan pintar global tumbuh 20 persen setiap tahun dari 11,4 juta unit pada Q1 2019 menjadi 13,7 juta pada Q1 2020. Meskipun ada hambatan besar dari ketakutan COVID-19, permintaan global untuk jam tangan pintar terus tumbuh melalui saluran ritel online, sementara banyak konsumen telah menggunakan jam pintar untuk memantau kesehatan dan kebugaran mereka selama masa karantina." ujar Steven Waltzer, Analis Senior di Strategy Analytics.

Apple dilaporkan akan meluncurkan Apple Watch seri 6 pada musim gugur ini dengan fitur-fitur terkait kesehatan yang lebih banyak termasuk termasuk pelacakan tingkat oksigen darah, pelacakan tidur, dan aplikasi kebugaran baru.



Simak Video "Tampilan Baru Apple Watch 6 dan SE Bergaya Solo Loop"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)