Mac Keluaran 2021 Bakal Pakai Prosesor ARM 5nm?

Mac Keluaran 2021 Bakal Pakai Prosesor ARM 5nm?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 24 Apr 2020 19:48 WIB
Macbook Air
Mac Keluaran 2021 Bakal Pakai Prosesor ARM 5nm? (Foto: The Verge)
Jakarta -

Apple disebut bakal merilis Mac pertamanya dengan prosesor ARM pada 2021 mendatang, dan tak lagi menggunakan prosesor buatan Intel.

Kabarnya ada tiga prosesor Mac yang tengah dikembangkan lewat proyek Kalamata, dan semuanya berbasis pada chip A14 yang bakal dipakai di perangkat iPhone keluaran 2020 nanti.

Dilansir Bloomberg, Jumat (24/4/2020), prosesor ARM generasi pertama ini akan mempunyai CPU 12 core dengan delapan core 'Firestorm' dengan performa tinggi dan empat core 'Icestorm' hemat energi.

Apple sudah sejak lama dikabarkan mengembangkan prosesor ARM untuk menggantikan prosesor Intel yang dipakai di perangkat Mac-nya. Bahkan, rumornya sendiri sudah beredar setidaknya sejak 2012.

Namun baru-baru ini analis Ming-Chi Kuo menyebut Mac berprosesor ARM mungkin akan dirilis pada 2021. Meski ada kemungkinan peluncurannya bisa tertunda karena pandemi Corona.

Jika Apple benar mengganti prosesor Intel dengan ARM, maka mereka akan punya kontrol lebih banyak terhadap hardware yang dipakai. Utamanya karena Intel disebut sulit menawarkan peningkatan performa yang signifikan setiap mereka meluncurkan prosesor baru.

Prosesor ARM yang ada saat ini pun punya konsumsi daya yang sangat efisien, yang tentunya bisa meningkatkan daya tahan baterai. Selain itu penggunaan prosesor ARM ini diperkirakan bisa mengurangi biaya komponen prosesor sekitar 40% sampai 60%.

Berikut adalah fakta-fakta prosesor ARM Apple tersebut:

  • Ada tiga system on a chip (SoC) yang dikembangkan untuk Mac dan berbasis dari prosesor A14 untuk perangkat iPhone dan iPad. Apple sepertinya bakal memberikan siklus pengembangan yang sama untuk prosesor laptop dan mobilenya.
  • Chip Mac ini bakal diproduksi oleh TSMC dengan pabrikasi 5nm.
  • Chip pertama ini punya delapan core 'kencang' dan 4 core hemat energi, totalnya 12. Sebagai perbandingan, chip A12Z yang dipakai iPad Pro terbaru punya delapan core, yaitu empat core kencang dan empat core hemat energi.
  • Selain CPU, SoC ini juga tentunya dilengkapi GPU
  • Meski berubah memakai prosesor ARM, Mac bakal tetap menjalankan macOS, bukan pindah ke iOS. Langkah serupa diambil Microsoft untuk laptop Windows yang memakai prosesor ARM buatan Qualcomm.
  • Chip ARM untuk Mac ini diperkirakan hanya akan tersedia di MacBook biasa, karena chip ARM belum bisa menyamai performa prosesor Intel di MacBook Pro, iMac, dan Mac Pro.
  • 2018 lalu Apple disebut sudah sukses mengembangkan chip Mac berbasis prosesor A12X yang dipakai di iPad Pro saat itu. Kesuksesan ini diperkirakan memberikan Apple kepercayaan diri untuk melakukan transisi pada awal 2020.


Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)