iPhone SE, Ponsel Murah Apple Goda Pengguna Android Hijarah ke iOS - Halaman 3

Round-up

iPhone SE, Ponsel Murah Apple Goda Pengguna Android Hijarah ke iOS

Tim detikINET - detikInet
Jumat, 17 Apr 2020 07:34 WIB
iPhone SE
iPhone SE siap menggoda pengguna Android hijarah ke iOS. Foto: Apple

Untuk Apa Apple Rilis iPhone Murah Lagi?

iPhone 11 dan iPhone 11 Pro begitu diminati banyak orang, lantar kenapa Apple masih mau merilis ponsel murahnya? Ben Bajarin, analis di Creative Strategies, menilai Apple menyadari bahwa banyak konsumen membeli model lama seperti iPhone 8, akan tetapi varian itu mulai terlihat usang sehingga rentan ditinggalkan. Maka iPhone SE ini menjadi pilihan menarik bagi mereka.

Kemudian, dikutip detikINET dari Reuters, iPhone SE kemungkinan diharapkan Apple bakal memberi pendapatan cukup besar dari sisi layanan. Handset ini dibundling dengan layanan Apple TV+ gratis selama setahun.

"Mengingat harganya, iPhone SE cenderung tidak berdampak besar pada keuangan Apple tapi bisa memperluas pengguna yang dalam jangka panjang akan membantu pendapatan di layanan Apple," cetus James Cordwell, analis di Atlantic Equities.

iPhone SE 2020iPhone SE 2020 Foto: Apple

iPhone SE yang dirilis 2016 sendiri awalnya diprediksi tidak begitu sukses. Kenyataannya ponsel ini banyak diburu banyak orang. Apple bahkan sempat dikabarkan kewalahan memenuhi permintaan.

"Kami sangat sukses dalam peluncuran global iPhone SE dan permintaan melampaui suplai selama kuartal ini. Kami menambah kapasitas dan mampu menyeimbangkan antara permintaan dan persediaan," sebut CEO Apple Tim Cook kala itu.

"Data awal penjualan kami menginformasikan kalau iPhone SE populer baik di negara berkembang maupun maju," tambah suksesor mendiang Steve Jobs tersebut.

Minat terhadap iPhone terjangkau tidak pernah menyusut. Apple sempat mengobral iPhone SE pada 19 Januari 2019 dan dalam waktu singkat seluruh stok yang tersedia habis diborong pembeli.

(afr/afr)