Jumat, 27 Des 2019 22:05 WIB

Tren Kamera Ponsel Selama 2019: Resolusi Tinggi, Lensa Wide, dan....

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Fotografi Komputasi

Fotografi komputasi menggabungkan antara kemampuan hardware dengan kemampuan software. Huawei memperkenalkan night mode, yang merupakan mode fotografi long exposure yang tak memerlukan tripod, pada akhir 2018. Lalu Google memperkenalkan Night Sight di Pixel 3.

Namun pada 2019, semakin banyak pabrikan yang menerapkan fitur semacam Night Sight ini. Bahkan sudah menjadi semacam sebuah kewajiban untuk menghadirkan fitur ini pada opsi kamera.

Hal ini tentunya didukung oleh kemampuan system on a chip (SoC) yang semakin mumpuni untuk melakukan pemrosesan gambar dengan cepat.

Galaxy S10 dirilis tanpa fitur ini pada awal 2019, namun Samsung memberikannya dalam bentuk pembaruan pada Mei, dan fitur ini menjadi fitur kunci pada Note10 yang diluncurkan pada Agustus 2019.

iPhone anyar pun punya fitur tandingan yang bernama Deep Fusion, yang menemani fitur Night Mode. Kedua fitur ini bisa dibilang adalah fitur fotografi komputasi pertama pada iPhone. Khusus untuk Deep Fusion, fitur ini juga baru tersedia pada pembaruan yang dirilis beberapa waktu setelah iPhone 11 Pro dirilis.

Kamera Terbaik?

Ini adalah hal yang sulit untuk dipastikan, karena tentunya ada banyak faktor yang menjadi penentu. Mau menggunakan data dari DxOMark? Huawei Mate 30 Pro ada di posisi teratas, yang disusul oleh Xiaomi Mi Note 10.

Namun apakah skor-skor tersebut menjadi jaminan kalau foto yang dihasilkan kedua ponsel itu otomatis menjadi yang terbaik ketika dijejerkan dengan kamera ponsel lain? Jawabannya tidak, setidaknya itulah hasil dari pengujian oleh YouTuber kondang Marques Brownlee.

Tren Kamera Ponsel Selama 2019: Resolusi Tinggi, Lensa Wide, dan....Foto: Screenshot YouTube MKBHD

Ia -- seperti 2018 lalu -- melakukan blind test dengan membandingkan hasil foto dari beberapa ponsel. Hasilnya? iPhone 11 Pro yang kameranya seringkali disebut sebagai yang terbaik langsung kalah di babak pertama, kalah dari OnePlus 7T Pro. Hasil akhir dari pengujian itu adalah foto dari Galaxy Note 10 Plus menjadi yang paling banyak dipilih oleh peserta pengujiannya.
Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(asj/asj)