Jumat, 27 Des 2019 22:05 WIB

Tren Kamera Ponsel Selama 2019: Resolusi Tinggi, Lensa Wide, dan....

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Resolusi Tinggi
Sony IMX586 adalah salah satu sensor yang paling banyak digunakan selama 2019, baik di ponsel kelas menengah, ataupun sejumlah ponsel flagship dengan harga terjangkau.

Sebut saja Zenfone 6 dan ROG Phone II dari Asus, sejumlah seri Reno dari Oppo, OnePlus 7, Honor, Xiaomi Mi 9, dan banyak ponsel lain dari Realme, Lenovo, Samsung dan lainnya. IMX586 pun sebenarnya bukan sensor pertama dengan resolusi tinggi, karena Huawei sudah menggunakan sensor 40 megapixel di seri P20.

Tren Kamera Ponsel Selama 2019: Resolusi Tinggi, Lensa Wide, dan....Foto: Istimewa

Namun Sony memicu sebuah tren baru dengan sensor ini, yaitu sensor dengan resolusi 48 megapixel yang menggunakan konfigurasi quad bayer dan mempunyai fitur pixel binning. Yaitu menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel, yang membuat ukuran pixel menjadi lebih besar dan mampu merekam cahaya yang lebih banyak.

Sensor lain yang cukup menarik perhatian selama 2019 adalah Samsung Isocell dengan resolusi 108 megapixel. Resolusinya yang tinggi ini jika digabungkan dengan fitur pixel binning (Samsung menyebutnya dengan 'Tetra Cell') membuat foto akhirnya mempunyai resolusi 27 megapixel, bukan 12 megapixel seperti Sony IMX586.

Dan ponsel pertama yang memanfaatkan sensor Samsung ini adalah Mi Note 10, yang kini berada di posisi ke-2 (atau tepatnya ke-3) di bawah seri Mate 30 Pro.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3