Tahun 2020, Ini Deretan Strategi Vivo Hadapi Persaingan Industri

Tahun 2020, Ini Deretan Strategi Vivo Hadapi Persaingan Industri

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Kamis, 26 Des 2019 10:00 WIB
Foto: Dok. Vivo Indonesia
Jakarta - Menjadi merek smartphone terpopuler nomor 2 di Indonesia menurut IDC, Vivo nyatanya tidak berhenti memberikan serangkaian produk berkualitas dalam memanjakan konsumen. Tahun 2020, brand smartphone yang memiliki ragam produk futuristik ini memiliki strategi jitu dalam menghadapi persaingan industri.

Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma mengatakan pencapaian yang telah diraih ini merupakan buah dari kepercayaan masyarakat luas dalam memilih Vivo. Untuk itu, dirinya akan terus berinovasi lebih jauh demi kepuasan konsumen.

"Apa yang dicapai Vivo tidak lepas dari dukungan konsumen atas kepercayaan memilih Vivo. Menghadapi 2020, fokus Vivo adalah bagaimana untuk semakin memahami apa yang konsumen butuhkan dan bagaimana consumers journey Vivo semakin maksimal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (26/12/2019).


Pada segi produk, disebutkannya, Vivo akan menghadirkan berbagai series terbaru yang akan mencakup semua segmen seperti (low end-high end). Tentunya tanpa menyampingkan kualitas, inovasi serta teknologi yang relevan untuk menjaga tren di industri smartphone.

Sementara pada dukungan produksi sendiri, di tahun 2020 Vivo akan melanjutkan standardisasi Vivo store 3.0 dengan menambah official store seperti di ITC Roxy, ITC Cempaka Mas, dan terbesar di Indonesia Plaza Simpang Lima Semarang.

Hal itu dilakukan untuk memperluas jangkauan toko Vivo di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, sehingga dapat memperkuat pelayanan dan lebih dekat pada konsumen. Adapun pusat layanan yang kini sudah mencapai lebih dari ratusan titik di berbagai wilayah termasuk di Indonesia timur akan diperluas dengan 1-Hour Rapid dan Service Day. Ini sekaligus menjadi pusat layanan after-sales atau purna jual.

"Misi kami adalah meningkatkan kapabilitas dalam memenuhi permintaan pasar, diversifikasi produk bagi konsumen yang semakin variatif, dan menjaga kepercayaan konsumen yang telah memilih Vivo," jelasnya.

Oleh karena itu, di tahun 2020 Vivo dipastikan akan banyak berkolaborasi dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan melakukan riset secara menyeluruh untuk memahami tren, agar Vivo mudah dijangkau di multi platform.


Sebagai informasi, pada 2019 Vivo telah memperluas basis produksi ke-2 di Cikupa yang bertujuan untuk menghasilkan jutaan unit produk di 2020. Hal itu memberi peluang lapangan kerja yang lebih besar.

Selain itu, dengan dukungan tambahan produksi, tercatat pada 2019 lebih dari 17 produk diluncurkan dengan serangkaian produk pemenang penghargaan seperti V15, V17 Pro, Z1 Pro, dan S1 Pro membawa inovasi menarik untuk pasar ponsel pintar Indonesia.

Berdasarkan data IDC Q3 2019, Vivo kini mencapai 2 pasar smartphone teratas di Indonesia dengan pertumbuhan lebih dari 100% YoY dibandingkan dengan kuartal yang sama di 2018. (prf/fay)