Selasa, 03 Des 2019 07:01 WIB

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Ian Waldie/Getty Images Foto: Ian Waldie/Getty Images

- Closed back
Ini mungkin adalah varian headphone over ear paling lazim di pasaran. Disebut closed back karena bagian belakang dari jenis headphone ini tertutup. Suara yang dikeluarkan oleh headphone ini tak bocor ke luar, pun memberikan tingkat kekedapan yang bagus bagi penggunanya.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Namun efek lain dari bagian luar yang tertutup ini adalah soundstage dari headphone ini -- relatif sempit ketimbang ketimbang headphone open back. Headphone semacam ini cocok digunakan di tempat yang ramai karena memberikan noise isolasi terhadap suara di luar headphone, dan tentunya apa pun yang didengarkan oleh pengguna juga tak akan terdengar dari luar.

- Open back
Kebalikan dari headphone closed back, headphone open back ini mempunyai bagian luar yang terbuka. Efeknya adalah suara yang dikeluarkan driver bakal terdengar dari luar headphone, begitu juga suara dari luar bisa terdengar oleh pemakai headphonenya.

Headphone semacam ini biasanya bisa menghasilkan suara dengan soundstage yang luas dan lebih natural. Dan biasanya headphone terbaik -- dan termahal -- di dunia adalah headphone yang bertipe open back.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Headphone semacam ini biasanya tak cocok digunakan di lingkungan seperti kantor, karena bisa saja rekan sebelah anda terganggu dengan suara yang 'bocor' dari headphone anda, dan mungkin anda yang terganggu dengan suara-suara dari luar headphone.

Oh ya, soundstage adalah sebuah ruang tiga dimensi imajiner yang direproduksi oleh -- dalam hal ini -- headphone. Contohnya adalah ketika mendengarkan sebuah musik orkestra, dengan headphone yang mempunyai soundstage luas anda bisa membedakan posisi instrumen tertentu, misalnya di tengah, bagian kiri, kiri jauh, atau bahkan kanan belakang.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4