Rabu, 14 Agu 2019 13:32 WIB

Sejumlah Seri MacBook Pro Dilarang Masuk Pesawat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi MacBook Pro. Foto: Apple Ilustrasi MacBook Pro. Foto: Apple
Jakarta - Otoritas Penerbangan Sipil Amerika Serikat atau Federal Aviation Administration (FAA) melarang sejumlah seri MacBook Pro untuk dibawa dalam penerbangan.

Langkah ini diambil FAA setelah Apple menarik sejumlah unit MacBook Pro dengan seri tertentu yang mempunyai masalah baterai sehingga berisiko terbakar, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (14/8/2019).




"FAA menyadari adanya penarikan baterai yang dipakai di sejumlah laptop Apple MacBook Pro. Pada awal Juli kami memperingkat sejumlah maskapai mengenai penarikan tersebut, dan kami menginformasikannya ke publik," tulis FAA dalam pernyataannya.

Dalam pernyataan tersebut juru bicara FAA juga menyebut langkah ini adalah hal yang biasa. Yaitu mengingatkan kepada maskapai jika semua perangkat yang baterai berbasis lithium-nya ditarik, termasuk MacBook Pro, dilarang untuk dibawa dalam penerbangan.

Namun yang menjadi masalah adalah MacBook Pro yang ditarik itu berasal dari tahun pembuatan 2015, dan tak semua MacBook Pro yang dibuat pada tahun 2015 ditarik dari peredaran. Tentu hal ini akan menyulitkan penerapan pelarangan ini di bandara-bandara.




Apple sendiri hanya menyarankan pengguna untuk masuk ke laman dukungan di situsnya, di mana mereka bisa memasukkan nomor seri perangkat untuk melihat apakah laptopnya itu masuk dalam daftar MacBook Pro yang ditarik dari pasaran.

Sebagai informasi, Juni lalu Apple menyebut akan menarik sejumlah MacBook Pro 15 inch yang dijual antara September 2015 sampai Februari 2017. Baterai di unit laptop tersebut diduga berisiko overheat dan bisa terbakar.




Simak Video "MacBook Pro Dilarang Terbang karena Baterai Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed