Rabu, 03 Jul 2019 16:01 WIB

Microsoft Kenalkan Windows 1.0 Rasa Baru

Adi Fida Rahman - detikInet
Microsoft Kenalkan Windows 1.0 Rasa Baru. (Foto: Rengga Sancaya) Microsoft Kenalkan Windows 1.0 Rasa Baru. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Microsoft memberikan kejutan di akun Twitternya. Perusahaan yang berbasis di Redmond ini memperkenalkan Windows 1.0 rasa baru.

"Memperkenalkan Windows 1.0 yang baru, dengan MS-Dos Executive, Clock dan banyak lagi," tulisnya.

Dalam postingan tersebut, Microsoft menyertakan video singkat berdurasi 13 detik. Di tampilan logo Windows yang diputar mundur, ada Windows 10 hingga Windows 1.0.

Microsoft belum menjelaskan apa yang mereka coba lakukan, termasuk apakah perusahaan yang didirikan Bill Gates ini akan merilis Windows versi Lite seperti rumor yang beredar sebelumnya.

Namun, bila melihat runutan waktu pada video, mungkin ini adalah cara yang dibuat Microsoft untuk menyambut film seri Stranger Things terbaru yang bakal tayang perdana 4 Juli. Dan memang Windows 1.0 diluncurkan 20 November 1985, ini bertepatan pada setting waktu Stranger Things Season 3.

Microsoft Kenalkan Windows 1.0 Rasa BaruFoto: undefined

Windows 1.0 adalah sistem operasi komputer berbasis Graphical User Interface (GUI) yang pertama dibuat Microsoft.

Mengutip laman Wikipedia, Windows 1.x bukanlah merupakan sebuah paket sistem operasi GUI-seperti halnya Apple dengan Lisa dan Macintosh-nya. Tetapi hanya merupakan paket GUI tambahan yang berjalan di atas DOS. Karena itulah, nama kode yang digunakannya adalah Interface Manager.

Windows 1.x menggunakan tampilan bitmap (device independent bitmap atau disingkat DIB) dan menambahkan mouse sebagai satu lagi perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Windows.

Sistem operasi ini juga mendukung multitasking antar banyak program. Ini peningkatan yang cukup penting dibandingkan dengan DOS yang hanya dapat menjalankan satu program saja pada satu waktu.




Pada versi pertamanya, Microsoft mengintegrasikan banyak program tambahan, seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, CardFile, dan juga Clipboard. Game yang disediakan hanya satu, yakni Reversi.

Selain itu terdapat MS-DOS Executive sebagai shell untuk mengatur berkas. Fungsinya sama saja dengan kebanyakan shell yang beredar di pasaran seperti Norton Commander atau DOS Shell, tetapi MS-DOS Executive berjalan di atas Windows, sementara kedua shell tersebut berjalan di atas DOS.

Windows versi 1.x juga mendukung MS-DOS prompt langsung dari Windows. Alhasil pengguna tidak perlu keluar ke DOS terlebih dahulu untuk menjalankan program DOS.




Simak Video "Karya-karya Keren yang Dibuat dengan Microsoft Paint"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/krs)