Sabtu, 15 Jun 2019 09:27 WIB

Muncul Iklan di Lock Screen Ponsel Huawei & Honor? Ini Faktanya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Beberapa pengguna smartphone Huawei, dan Honor yang merupakan sub-brand mereka, melaporkan adanya iklan untuk situs reservasi hotel di lock screen smartphone.

Dilansir detikINET dari Android Central, Sabtu (15/6/2019), iklan ini dilaporkan muncul di beberapa smartphone seperti Huawei P30 Pro, P20, P20 Lite, P20 Pro dan Honor 10. Laporan kemunculan iklan ini dilihat pengguna dari berbagai negara seperti Inggris, Belanda, Irlandia, Afrika Selatan, Norwegia, dan Jerman.




Pengguna smartphone Huawei yang terkejut karena melihat iklan muncul di smartphone mereka pun menyampaikan keluh kesahnya lewat Twitter dan Reddit.


Ternyata iklan ini muncul ketika pengguna memilih menggunakan fitur bawaan Magazine Unlock. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti wallpaper di lock screen setiap kali mereka membuka kunci smartphone mereka.

Dalam keterangan resmi kepada Digital Trends, juru bicara Huawei mengatakan bahwa iklan ini tidak dipasang oleh mereka. Juru bicara Honor juga telah menekankan bahwa mereka tidak menampilkan iklan di smartphone Honor di pasar mana pun.




"Iklan ini tidak diinisiasi oleh Huawei. Kami mendorong individu untuk memeriksa pengaturan aplikasi, atau mengikuti arahan yang tersedia untuk umum tentang cara menghapus iklan lock screen," kata juru bicara Huawei.

Seorang pengguna Reddit telah menemukan cara untuk menghilangkan iklan ini dengan cara menghapus wallpaper yang mengandung iklan dari fitur Magazine Unlock. Langkah mengganti wallpaper lock screen dengan sesuatu yang bukan merupakan wallpaper default dari smartphone juga disebut dapat menghilangkan iklan tersebut.


(vim/krs)