Rabu, 12 Jun 2019 19:28 WIB

Xiaomi Punya Pesaing Apple Watch 4, Harganya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak hanya gelang pintar Mi Band 4 yang diperkenalkan oleh Xiaomi. Huami, sub-brand Xiaomi, baru menghadirkan smartwatch dengan pendeteksi detak jantung -- fitur yang juga dimiliki Apple Watch 4.

Smartwatch yang dinamakan Amazfit Verge 2 ini didukung fitur electrocardiogram sensor (ECG) di samping ada sensor untuk pengawas detak jantung yang jadi daya utamanya.




Amazfit Verge 2 dapat menjalankan merekam data ECG selama 60 menit yang data tersebut dapat disimpan secara lokal selama tujuh hari.

Dilihat dari penampilannya, smartwatch Xiaomi itu tak ubahnya seperti jam tangan biasanya yang berbentuk bulat dengan layar OLED 1,39 inch yang resolusinya 454 x 454 pixel, di mana kerapatannya 326 ppi. Layar tersebut dilindungi Gorrila Glass 3.

Xiaomi Punya Pesaing Apple Watch 2 yang Lebih MurahFoto: Istimewa


Amazfit Verge 2 juga disokong chipset Snapdragon Wear 2500 dengan RAM 512 MB dan memori 4 GB. Disebutkan jam tangan pintar tersebut berjalan dengan sistem operasi miliknya sendiri di Amazfit OS yang kompatibel dengan ponsel Android 4.4 ke atas dan iOS 10 ke atas.



Informasi spek pada wearables ini, punya kapasitas baterai 420 mAh yang menjanjikan dapat berjalan selama 28 jam dalam mode 4G. Ada built-in mic dan pengeras suara di perangkat ini. Begitu juga dibekali fitur GPS, IP68 yang tahan debu dan air, Bluetooth 4.2, WiFi, dan NFC.

Seperti pendahulunya, Amazfit Verge 2 secara otomatis melacak 10 aktivitas pengguna, termasuk berlari, berjalan, berlari di dalam raungan, mengendarai, mendaki gunung, melompak, hingga sepak bola.

Xiaomi Punya Pesaing Apple Watch 2 yang Lebih MurahFoto: Istimewa


Nah, bagian ini yang boleh jadi menarik hati calon pembeli: harga wearable yang memiliki fitur mirip dengan Apple Watch 4.

Seperti dikutip Android Central, Rabu (12/6/2019), Huami membanderol Amazfit Verge 2 versi standar 999 RMB (Rp 2 jutaan) yang sudah tersedia untuk pasar China. Sedangkan versi ECG dihargai 1.299 (Rp 2,6 jutaan) dan baru tersedia bersamaan dengan edisi khusus Avengers yang akan tersedia Juli mendatang.

Harga itu jauh lebih murah ketimbang Apple Watch 4. Sekadar informasi, Apple Watch 4 dijual dengan harga mulai USD 399 atau sekitar Rp 5,7 jutaan untuk versi GPS. Sedangkan, untuk versi seluler USD 499 atau Rp 7,1 jutaan.


(agt/krs)