Selasa, 21 Mei 2019 21:04 WIB

Ini Skenario Terburuk Android Setelah Huawei Dijegal

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ponsel Android. Foto: Reuters Ponsel Android. Foto: Reuters
Jakarta - Mengikuti aturan pemerintah Amerika Serikat, Google membatasi akses sistem operasi Android pada Huawei. Langkah ini dinilai malah bisa jadi senjata makan tuan bagi OS 'robot hijau'.

Jika aturan itu benar-benar ditegakkan, Huawei agaknya akan mengandalkan sistem operasi buatan sendiri. Nah bisa jadi OS Huawei itu jika benar diluncurkan akan didukung pula oleh vendor asal China lainnya.

"Ada potensi keterlibatan pemerintah China dan sumber daya ekonominya serta juga manufaktur Android lain dari China. Setelah kasus ZTE dan kemudian ini, jelas bahwa China tak bisa bergantung pada AS untuk hal krusial," tulis Jesus Diaz, kolumnis teknologi Tom's Guide.




"Perusahaan seperti Xiaomi dan Oppo bisa saja juga berpindah dari Android sebelum mereka juga diincar Trump. Bahkan tidak gila memperkirakan perusahaan lain di seluruh dunia juga bergabung dalam upaya itu," tambah dia.

Ia berargumen tidak semua setuju dengan pernyataan AS bahwa Huawei harus dilarang karena dianggap mata-mata China, terutama karena tidak ada bukti kuat. Bisa saja perusahaan di sana juga berpaling dari Android.

Tentu hal itu adalah skenario terburuk, bahwa akan muncul OS baru yang cukup kuat untuk melawan Android yang selama ini dominan. Memang amat kecil kemungkinannya, tapi bukan hal mustahil. Tak hanya Android, Apple juga bisa kena.




"China adalah pasar penting bagi Apple. Sebuah smartphone Huawei dengan OS sendiri adalah pengubah permainan. Tidak hanya melukai penjualan Apple di China, tapi juga memakan pasar Android," sebut Kenneth Rapoza dari Forbes.

"Huawei bisa menjadi OS China yang laten, pilihan kedua atau ketiga setelah Android dan iOS buat manufaktur asal China lain. Huawei punya senjata rahasia. Mengincar Apple dan Google," pungkasnya.


(fyk/krs)