Selasa, 21 Mei 2019 15:12 WIB

Huawei Punya Hongmeng, Sistem Operasi Pengganti Android?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Di tengah kabar Google akan mencabut lisensi komersial Android dari Huawei, muncul pula nama "Hongmeng" terkait sistem operasi bikinan perusahaan China tersebut.

Menurut HuaweiCentral, Selasa (21/5/2019), Huawei sudah mengembangkan sistem operasi sendiri dengan nama Hongmeng. Proses pengembangan berlangsung sejak 2012.

Kabar tersebut didapat Huawei Central dari sumbernya di China. Sumber yang sama juga menduga bahwa Huawei juga sudah memakai sistem operasi tersebut dalam ponselnya, walaupun tidak secara terang-terangan memproklamirkannya.



Sumber itu tidak merinci apakah Hongmeng merupakan nama resmi OS tersebut atau cuma sekadar nama kode. Tapi kabar ini setidaknya bisa jadi konfirmasi eksistensi sistem operasi bikinan Huawei buat smartphone.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam sebuah wawancara bulan Maret lalu, CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu sempat mengungkap soal sistem operasi buatan sendiri agar tak mutlak tergantung pada Google (smartphone) dan Microsoft (laptop/PC).

"Kami sudah mempersiapkan sistem operasi sendiri," jawab Yu saat itu. "Jika nantinya kami tak lagi bisa memakai sistem-sistem tersebut, kami akan siap. Itulah rencana B kami. Tapi tentu saja kami lebih suka bekerja dengan ekosistem Google dan Microsoft."




Tonton video Batasi Huawei, Google Dianggap Lukai Diri Sendiri:

[Gambas:Video 20detik]


Huawei Punya Hongmeng, Sistem Operasi Pengganti Android?
(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed