Kamis, 25 Apr 2019 15:19 WIB

TV 8K Samsung Tiba di Indonesia, Ada yang Seharga Rp 1,5 Miliar

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -
Setelah menggebrak ajang CES 2019 pada Januari lalu, Samsung membawa televisi 8K ke Indonesia. Jangan kaget, harganya setara mobil dan rumah lho.

Samsung Q900R, demikian nama seri televisi yang dimaksudkan. Ada empat ukuran yang ditawarkan, yakni 65 inch, 75 inch, 82 inch, dan 98 inch.
"Untuk ukuran 65, 75 dan 82 inch sudah bisa dipesan sekarang. Tapi untuk 98 inch baru akan tiba bulan Mei," ungkap Ubay Bayunudin, Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual, Samsung Electronics Indonesia.

Soal harganya, sebagai berikut
- 65 inch Rp 80,5 juta
- 75 inch Rp 120 juta
- 82 inch Rp 167 juta
- 98 inch Rp 1,5 miliar

Harga yang tinggi cukup terbayar dengan banyaknya fitur yang dihadirkan Samsung di jajaran televisi itu. Resolusi yang dimiliki Q900R menjadi yang diunggulkan.

Seperti diketahui televisi 8K punya resolusi 7680 x 4320 pixel. Ukuran tersebut empat kali dari resolusi UHD atau enam belas kali Full HD (1080p).

Televisi 8K Samsung Tiba di Indonesia, Harganya Setara MobilFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

"Bayangkan ada 33,2 juta pixel yang sangat rapat sehingga menghadirkan detail dan kedalaman yang belum pernah ada sebelumnya. Pancaran sinar mata terlihat nyata. Gambar yang tersaji begitu kaya warna," terang Ubay.

Samsung mentenagai televisinya ini dengan Quantum 8K Processor. Di dalamnya membawa fitur AI Upscaling yang mampu meningkatkan kualitas gambar dari resolusi lebih rendah, mulai dari SD, HD, Full HD hingga UHD.
Selain urusan gambar, Samsung melakukan peningkatan kualitas audio dengan AI Sound. Fitur ini membuat dialog terdengar lebih jernih, pertandingan olahraga pun jadi makin hidup.

Tidak ketinggalan ada Bixby. Asisten digital ini sebelumnya ada di perangkat ponsel dan kini Samsung ikut menghadirkannya di lini televisinya.

"Dengan adanya Bixby, pengguna bisa melakukan perintah suara saat menikmati konten. Selain itu membantu dalam hal lain," pungkas Ubay.

Televisi 8K Samsung Tiba di Indonesia, Harganya Setara MobilFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed