Senin, 25 Mar 2019 18:00 WIB

Laporan dari Singapura

Samsung Bawa Empat TV 8K ke Indonesia, Paling Mahal Rp 1,5 Miliar

Josina - detikInet
Foto: Josina/detikINET Foto: Josina/detikINET
Singapura - Pasar televisi di Indonesia sebentar lagi akan digempur dengan kehadiran TV beresolusi 8K. Salah satu pemainnya adalah Samsung Electronics yang akan segera memboyong empat televisi terbarunya sekaligus.

Dalam Samsung Forum 2019 yang digelar di Resorts World Sentosa, Singapura, Senin (25/3/2019), President Samsung Electonics Singapura Eugene Goh mengungkap Samsung menemukan tren di masyarakat yang meminati televisi dengan ukuran dan resolusi besar.

Ia menyebutkan dulu pasar TV cerdas hanya memiliki 6% pangsa pesar. Kini jumlah itu naik siginifikan menjadi 75%




"Samsung menyadari adanya pertumbuhan serta perubahan dari perangkat pintar, tak hanya soal teknologi melainkan sebuah tren dengan minat untuk ukuran layar serta resolusi tinggi," ujar Eugene Goh.

Samsung Mau Boyong TV 8K ke Indonesia, Ada yang Seharga Rp 1 MiliarFoto: Josina/detikINET


Keempat TV 8K yang akan dibawa ke Indonesia tersebut memiliki nama seri Q950R dengan masing-masing ukuran 65 inchi, 75 inchi, 82 inchi, dan 98 inchi.

Dengan memiliki teknologi QLED ini, Televisi 8K Samsung ini menawarkan resolusi 7680 x 4320 pixel. Artinya, berukuran empat kali dari UHD, enam belas kali Full HD (1080p), dan akan menampung 33 juta pixel per panelnya.

"Resolusi 8K akan menyuguhkan visual luar biasa dengan kedalaman dan detail warna hingga gerakan, sehingga menghasilkan gambar yang super nyata seperti di kehidupan nyata," kata Eugene Goh.

Selain menawarkan suguhan visual, TV Samsung ini juga mempunyai transmisi HDMI 2.1 dan teknologi Direct Full Array yang bisa membuat level gelap TV untuk scene malam, serta dukungan lampu backlight lebih banyak sehingga diklaim tampil lebih tajam.

Menariknya, TV 8K Samsung ini juga didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memiliki kemampuan untuk mempelajari konten-konten yang biasa diputar pengguna untuk kemudian dihimpun dalam basis datanya.

Adanya dukungan prosesor Quantum dan teknologi AI di perangkat televisi Samsung itu juga diklaim mampu menyuguhkan hasil audio yang dapat menyesuaikan tipe konten yang tengah diputar, seperti olahraga, berita & film, secara maksimal.




Berapa harganya?

Diungkapkan oleh Senior Product Marketing Manager TV dan Audio Visual Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin, keempat TV tersebut akan mendarat di Indonesia pada bulan April dan Mei 2019.

"Perangkat ini akan dipasarkan dengan harga tidak jauh berbeda dari versi global. Untuk ukuran 65 inchi seharga 80.499.000, untuk 75 inci Rp 119.999.000, untuk 82 inchi Rp 166.999.000, dan yang paling mahal ukuran 98 inchi Rp 1.499.000.000," tambah Ubay.

Harganya jelas tak murah tapi Ubay tetap yakin pangsa pasarnya pun ada. Bukan cuma korporat, konsumen biasa pun diyakininya tetap membutuhkan TV canggih semacam itu.

"Dulu kita jual TV 400 juta dan itu ada yang beli, alasannya bukan buat dirinya tapi buat anaknya hanya untuk bermain Playstation," ujarnya.

(jsn/krs)