Jumat, 15 Mar 2019 07:59 WIB

Perusahaan China Ini Mau Suplai Layar iPhone, Saingi Samsung

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Tech Garage Ilustrasi. Foto: Tech Garage
Jakarta - Samsung bakal mendapat pesaing dalam bisnis penyuplai panel OLED untuk iPhone. Persaingan itu datang dari BOE, perusahaan asal China, yang merupakan penyuplai layar untuk MacBook dan iPad.

Apple disebut akan menggunakan teknologi layar baru di iPhone keluaran 2019, yaitu panel layar dengan sensor sentuh terintegrasi. Baru-baru ini BOE pun memperbarui lini perakitan di pabriknya di Sichuan, China, agar bisa memproduksi jenis layar tersebut.

Teknologi layar ini berbeda dengan layar yang dipakai di iPhone yang ada saat ini. Yaitu panel OLED-nya terpisah dengan sensor sentuh, yang membuat panel layar menjadi lebih tebal.




Sebelum BOE memperbarui lini produksinya, Samsung adalah satu-satunya pembuat layar dengan teknologi ini, demikian dikutip detikINET dari 9to5mac, Kamis (14/3/2019).

"Melihat Samsung bisa menciptakan pasar yang sangat menguntungkan dengan produk yang menggabungkan sensor sentuh, BOE memutuskan untuk mengikutinya. Lini produksinya kini sedang dibuat di Mianyang," ujar seorang sumber.

BOE sendiri adalah perusahaan panel layar terbesar di China. Selain sudah menyuplai panel layar untuk iPad dan MacBook, mereka juga sebelumnya pernah merayu Apple dengan menawarkan pembuatan lini produksi baru untuk layar khusus iPhone.

Sementara Apple sendiri sebelumnya disebut sudah berusaha mengajak LG sebagai penyuplai panel OLED tambahan, juga dengan Sharp dan Japan Display untuk mengurangi ketergantungannya ke Samsung.

Namun niat mereka itu belum kesampaian di iPhone X dan XS, karena panel layar kedua ponsel itu sepenuhnya dibuat oleh Samsung, satu-satunya perusahaan yang bisa memenuhi syarat kualitas dan volume produksi yang ditetapkan oleh Apple. (asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed