Minggu, 03 Feb 2019 09:29 WIB

'Peserta Lomba' Ponsel 5G: Samsung, Xiaomi, Sampai Vivo

Kris Fathoni W - detikInet
1 'Peserta Lomba' Ponsel 5G
Halaman 2 dari 2
Xiaomi Mi Mix 3. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Xiaomi Mi Mix 3. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)

Xiaomi Mi Mix 3

Ponsel Xiaomi Mi Mix 3 sebenarnya sudah diumumkan dengan versi standarnya yang belum mendukung 5G. Namun, pada pertengahan tahun ini Mi Mix 3 versi 5G akan diluncurkan oleh Xiaomi.

Pada akhir tahun lalu, Xiaomi bahkan sempat memamerkan Mi Mix 3 5G yang punya prosesor Snapdragon 855. Mi Mix 3 versi biasa, yang rilis beberapa bulan sebelum itu, masih menggunakan Snapdragon 845.



OnePlus

Sudah pada sejumlah kesempatan OnePlus membahas soal ponsel 5G, termasuk ambisinya menjadi perusahaan pertama yang meluncurkannya di Eropa.


Ada yang menduga bahwa OnePlus 7, calon ponsel jagoan yang berikutnya dari OnePlus, menjadi perangkat dengan teknologi 5G itu. Tapi ada pula dugaan bahwa ponsel 5G dari OnePlus akan punya lini yang benar-benar baru.

LG

Ambisi serupa dimiliki oleh LG yang bersiap untuk meluncurkan ponsel 5G dan bertekad menjadikannya yang pertama tersedia di Amerika Serikat. LG kabarnya akan bekerja sama dengan Sprint.

Ajang MWC 2019 akan menjadi momen perkenalan ponsel 5G dari LG tersebut. Rumor lainnya adalah LG V50 ThinQ bakal menjadi ponsel 5G itu, dan bakal mulai dijual pada bulan Maret di AS dan Eropa.

iPhone 12

'Peserta Lomba' Ponsel 5G: Samsung, Xiaomi, Sampai VivoFoto: Gettyimages - Justin Sullivan


Apple pada dasarnya sudah menyatakan tidak bakal meluncurkan iPhone 5G pada tahun ini dan kemungkinan besar baru akan melakukannya pada tahun 2020 mendatang. Tapi boleh jadi pada waktunya nanti iPhone 5G tetap masuk barisan generasi pertama.

Menilik rencana Apple tersebut maka teknologi 5G belum akan diadopsi iPhone 2019 (yang konon disebut iPhone 11) dan baru akan dipakai pada iPhone 2020 (diasumsikan sebagai iPhone 12).



Motorola

Pada dasarnya, dari informasi sejauh ini, Motorola terlihat belum punya rencana merilis ponsel 5G secara khusus. Tapi ponsel Motorola tetap berpeluang mendukung teknologi 5G dalam waktu dekat.

Hal itu dikarenakan Motorola kabarnya sudah menyiapkan perangkat 5G Moto Mod guna mengakomodir jaringan 5G pada smartphone Moto Z3 yang saat ini tersedia di pasaran. 5G Moto Mod disebut-sebut hadir tahun ini.

Vivo

Ponsel 5G diketahui sebagai salah satu perangkat yang sudah digarap Vivo selama beberapa waktu. Tapi informasi mengenai hal itu sejauh ini masih relatif minim.

Salah satu kabar seputar hal itu datang dari GadgetsNow, yang menyebut bahwa Vivo baru berencana meluncurkan ponsel 5G komersial pada tahun 2020.

'Peserta Lomba' Ponsel 5G: Samsung, Xiaomi, Sampai VivoFoto: vivo


Ya, Vivo memang baru saja memunculkan APEX 2019 yang sudah mendukung jaringan 5G. Namun, perangkat tersebut masih merupakan sebuah ponsel konsep.

(krs/krs)