Minggu, 13 Jan 2019 09:15 WIB

Laporan dari Las Vegas

Asus ROG Mothership, Berkonsep Surface Pro Tapi Lebih Gahar

Adi Fida Rahman - detikInet
ROG Mothership (GZ700). Foto: Adi Fida Rahman/detikinet ROG Mothership (GZ700). Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Las Vegas - Asus turut memperkenalkan perangkat gaming barunya di CES 2019. Tampil seperti Surface Pro dari Microsoft, hanya saja lebih besar dan gahar.

Demikian kesan pertama kali saat menjumpai ROG Mothership (GZ700). Perangkat ini dipajang di ruang pameran yang berlokasi di gedung Trump, Las Vegas bersama ekosistem ROG lainnya.

Kenapa kemudian banyak pihak menyamai ROG Mothership dengan Surface Pro, karena tidak terlepas dari konsepnya. Dibuat seperti tablet, bagian belakang bawah jika dibuka ada penyangga. Sementara bagian depan ada cover yang bila dibuka terdapat keyboard yang detachable.



Tapi semua itu tidak jadi soal. Sebab Asus memberikan sentuhan khas ROG pada perangkatnya ini. Sehingga tampilannya terkesan gahar seperti yang di awal detikINET sampaikan.
Asus ROG Mothership, Berkonsep Surface Pro Tapi Lebih GaharROG Mothership (GZ700). Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

Dapat dilihat di bodi belakang terdapat pola lengkap dengan ikon ROG di bagian penyangga. Ikon yang sama juga ditempatkan di bagian cover keyboard.
Sementara di sekeliling bodi terdapat lubang ventilasi dengan akses kuning. Tampilan keseluruhan ROG Mothership jika didirikan terlihat seperti sebuah konsol game.

Asus mengaku merancang ROG Mothership agar gampang dibawa bepergian. Tapi pengguna harus siap memikul beratnya yang mencapai 4,7 kg.

Oke, cukup membahas tentang desainnya, kini kita bicara soal spesifikasi dan sejumlah fitur di dalamnya. Nah di balik bodinya yang gahar tadi, tersimpan spesifikasi sangat mumpuni.

Layarnya berukuran 17,3 inch dengan resolusi 1080p dan dukungan Nvidia G-Sync. Punya refresh rate 144 Hz dengan respon time 3 ms yang memanjakan mata gamer.

Dapur pacunya menggunakan prosesor kasta tertinggi milik Intel, yakni Core i9-8950HK yang bisa dioverlock ke 4,8 GHz. Perpadu dengan GPU Nvidia RTX 2080 yang baru saja dirilis di perhelatan CES 2019.



Asus turut memasangkan RAM DDR4 hingga 64GB, yang dihubungkan dengan tiga drive HyperDrive Extreme. Terpasang pula memori internal yang terdiri dari tiga NVMe SSD RAID 0 array.

ROG Mothership memiliki koneksi 802.11ax WiFi atau lebih dikenal dengan WiFi 6. Selain itu ada ethernet 2,5G, port USB-type C Thunderbolt 3, USB Type C standar, 4 port USB type A, HDMI, SD Card dan dual charging port 280W.

Bicara soal keyboard lagi, kendati terpisah dari unit utamannya, tetap masih bisa digunakan karena pakai koneksi WiFi 2,6 GHz, sehingga lebih stabil ketimbang Bluetooth . Bila ingin lebih ringkas lagi, keyboard dapat dilipat.

Asus memberikan backlit RGB pada keyboardnya Selain itu, mereka melengkapinya pula dengan touchpad yang posisinya di bagian kanan keyboard.

Tak kalah menarik adalah sistem pendingin ROG Mothership. Asus memasang ventilasi di sudut atas, terpasang delapan pipa yang terhubung langsung ke CPU, dan empat heatsink dilapisi dengan 375 sirip tembaga ultra tipis.

Asus berencana merilis ROG Mothership pada kuartal pertama tahun ini. Hanya saja belum ada informasi berapa perangkat gaming ini bakal dilepas. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed