Senin, 07 Jan 2019 13:19 WIB

Fakta-fakta Kondisi Apple Sedang Goyah

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Target Pendapatan Merosot
Halaman 2 dari 7
Jonatan Ive dan Tim Cook. Foto: Getty Images Jonatan Ive dan Tim Cook. Foto: Getty Images

CEO Apple Tim Cook menurunkan prediksi target pendapatan Apple di kuartal pertama tahun 2019. Awalnya Apple memproyeksikan pendapatan sekitar USD 89 miliar hingga USD 93 miliar, tapi dalam suratnya kepada investor Cook menurunkan angka proyeksi menjadi USD 84 miliar.

Surat kepada investor ini diterbitkan hanya beberapa saat setelah Apple menghentikan perdagangan sahamnya selama 20 menit. Setelah perdagangan saham dibuka kembali, saham Apple turun hingga 7%.

Apple menyebut beberapa faktor yang menyebabkan penurunan target pendapatan ini seperti timing peluncuran iPhone, nilai tukar dolar, suplai produk yang terhambat, dan melemahnya ekonomi dan pendapatan dari iPhone di China. Rendahnya pendapatan di China terjadi juga pada lini Mac dan iPad. Dan permintaan untuk iPhone baru di negara lai juga tak sebesar prediksi.

"Jelas bahwa ekonomi mulai melambat di sana pada paruh kedua dan saya yakin tensi perdagangan antara Amerika Serikat dan China memberi tekanan tambahan pada ekonomi mereka," kata Cook.

Selain itu, dalam suratnya Cook juga menulis bahwa subsidi dari operator yang lebih sedikit, kenaikan harga iPhone berdasarkan kekuatan dolar, dan harga penggantian baterai yang lebih murah menyebabkan permintaan iPhone yang melemah di kuartal pertama.

Beberapa bulan terakhir memang muncul banyak laporan yang menyebut bahwa permintaan terhadap trio iPhone XS, XS Max, dan XR tidak sebesar perkiraan. Terlebih lagi ketika muncul rumor bahwa Apple akan memangkas produksi ketiganya.

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed