Senin, 22 Okt 2018 17:41 WIB

Ubuntu 18.10 Dirilis, Ini Fitur Barunya!

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: OMGUbuntu Foto: OMGUbuntu
Jakarta - Canonical resmi merilis Ubuntu 18.10. Sejumlah fitur baru baru dibawa sistem operasi ini, apa saja?

Sudah menjadi tradisi setiap pembaruannya dirilis, Ubuntu membawa kode nama yang berbeda. Jika Ubuntu 18.04 bernama Bionic Beaver, versi 18.10 mengusung kode nama Cosmic Cuttlefish.

Adapun fitur baru yang dibawa Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish sebagai berikut:

GNOME 3.30

GNOME 3.30 yang dirilis September lalu. Sejumlah peningkatan diberikan. Salah satunya kini ndesktop menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem, yang berarti pengguna dapat menjalankan lebih banyak aplikasi sekaligus tanpa menghadapi masalah kinerja.

GNOME 3.30GNOME 3.30 Foto: ubuntu


Aplikasi Calender, To DO dan emulator GNOME Terminal hadir dengan versi baru. Pada aplikasi Setting kini memiliki bagian khusus untuk mengelola perangkat Thunderbolt 3. Panel dibuat dinamis dan Disk sekarang dapat dapat mendekripsi dan me-mount volume penyimpanan yang dienkripsi oleh VeraCrypt.

Tema dan Ikon Baru

Ubuntu 18.10 menawarkan tampilan lebih segar berkat hadirnya tema baru bernama Yaru. Tema yang dibuat oleh komunitas ini sedianya dihadirkan di Ubuntu 18.04 namun tertunda lantaran belum sepenuhnya siap.

Yaru membawa tampilan ikon baru yang lebih menarik dilihat. Selain itu pengguna dapat mengubah ke tampilan gelap dengan mengaktifkan fitur dark mode.

Tampilan layar login YaruTampilan layar login Yaru Foto: Softpedia


Baterai Lebih Hemat

Fitur ini bakal sangat bermanfaat bagi mereka yang menggunakan Ubuntu di laptop mereka. Berkat managemen power saving yang dimiliki Kernel Linux 4.18 memiliki opsi untuk menggantikan pengontrolan HDD, USB dan perangkat lainnya ke low power state ketika tidak digunakan. Dengan demikian dapat meningkatkan masa pakai baterai.


Mendukung Sidik Jari

Ubuntuk 18.10 memiliki dukungan untuk pemindai sidik jari. Ini berarti, jika komputer memiliki sensor fingerprint, maka bisa diaktifkan kembali dengan sidik jari.

Snap di Ubuntu 18.10Snap di Ubuntu 18.10 Foto: Ubuntu



Peningkatan Snap

Kabar gembira bagi kamu yang kerap menggunakan Snap di Ubuntu. Ada sejumlah perubahan yang bakal dirasakan. Kini pengguna dapat melakukan pencarian aplikasi beta dan alpha. Waktu meluncur lebih cepat, tersedia opsi logout untuk akun U1 dan label terverifikasi dalam daftar aplikasi.


Dukungan Driver Grafis

Lantaran menggunakan Kernel Linux 4.18, Ubuntu memiliki peningkatan dukungan untuk GPU Anvidia dan Nvidia. Selain itu, dukungan USB Type C dan thunderbolt dan optimalisasi kinerja di CPUfreq.

Aplikasi baru di Ubuntu 18.10Aplikasi baru di Ubuntu 18.10 Foto: Ubuntu


Aplikasi Baru

Ubuntu menawarkan sejumlah aplikasi pre-install baru, meliputi Mozilla Firefox 63, Thunderbird 60, LibreOffice 6.1, Shotwell 0.30, Remmina 1.2.3m dan Rhythmbox 3.2.4.

Untuk menginstal Ubuntu 18.10 pastikan spek komputer yang digunakan sesuai dengan persyaratan:

- Prosesor dual core 2 GHz
- RAM 2 GB
- HDD 250 GB
- USB Port untuk instalasi

Instalasi UbuntuInstalasi Ubuntu Foto: omgubuntu


Selanjutnya, tinggal mengunduh sistem operasi ini dalam format ISO 64-bit di sini. Jika sebelumnya sudah menjalankan Ubuntu versi sebelumnya cukup update saja caranya:

- Buka aplikasi Software & Update
- Tekan tab Update
- Temukan bagian 'Notify me of a new Ubuntu version'
- Ubah dari 'For long-term support versions' ke 'For any new version'
- Klik Close

Ubuntu akan mengecek pembaruan. Jika tersedia, tinggal update dan ikuti prosesnya. (afr/krs)