Kamis, 13 Sep 2018 02:04 WIB

Apple Juga Rilis iPhone XR, Layarnya 6,1 Inch

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rilis iPhone baru (Foto: Screenshot) Rilis iPhone baru (Foto: Screenshot)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru
Jakarta - Selain merilis iPhone XS dan XS Max, Apple juga merilis iPhone XR. Yaitu ponsel dengan layar 6,1 inch bertipe LCD yang dilengkapi dengan Face ID.

iPhone XR mempunyai desain dan fitur nyaris mirip dengan dua iPhone baru lain, namun dengan layar yang berbeda. Layar yang dipakai di iPhone XR disebut sebagai Liquid Retina, yaitu layar LCD 6,1 inch dengan resolusi 1792 x 828 pixel dan kepadatan pixelnya adalah 326 ppi.

Meski bisa juga disebut sebagai iPhone XS versi besar, namun iPhone XR mempunyai beberapa perbedaan dibanding saudaranya itu. Bodinya berbahan aluminum, bukan stainless steel. Lalu sertifikasinya hanya IP67, bukan IP68, dan layarnya hanya LCD, bukan OLED.

Selain itu ada juga fitur yang disunat pada iPhone XR, seperti ketidakhadiran 3D Touch pada layarnya. Sebagai gantinya, Apple membenamkan sistem Haptic Touch serupa dengan yang dipakai di trackpad MacBook Pro.


Begitu juga dengan kamera, iPhone XR hanya mempunyai sebuah kamera belakang, sama seperti iPhone 8. Kamera ini punya lensa lebar dengan resolusi 12 megapixel. Meski begitu, Apple tetap menambahkan fitur portrait mode, yang mengkombinasikan hardware dan software untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Namun soal prosesor, iPhone XR memakai prosesor yang sama seperti XS danXS Max, yaitu A12 Bionic, yang dibuat dengan pabrikasi 7nm, lengkap dengan pemrosesan AI Neural Engine anyar, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (13/9/2018).

iPhone XR dirilis dengan enam pilihan warna, hitam, putih, biru, coral, kuning, dan merah. Banyaknya pilihan warna ini mengingatkan pada lini iPhone 5C yang bodi belakangnya berbahan plastik.


Tonton juga video: Apple Resmi Rilis iPhone XS, XS Max, dan XR
[Gambas:Video 20detik] (asj/asj)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed