Jumat, 10 Agu 2018 15:04 WIB

Ini Ponsel Terbaik untuk Menonton Video YouTube

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Irna Prihandini Foto: detikINET/Irna Prihandini
FOKUS BERITA Gebrakan Note 9
Jakarta - Ada satu hal menarik dalam peluncuran Galaxy Note 9 tadi malam, yaitu Samsung mengklaim kalau ponsel anyar itu adalah ponsel terbaik untuk menonton video di YouTube.

Namun Samsung memang tak asal bicara soal klaim tersebut. Dalam program anyar YouTube, Galaxy Note 9 memang adalah 'YouTube Signature Device', yang alias ponsel terbaik untuk menonton YouTube, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (10/8/2018).

YouTube Device Report adalah semacam sertifikasi dari YouTube untuk ponsel-ponsel yang bisa memanfaatkan semua fitur di YouTube. Fitur-fitur yang dimaksud adalah video 360 derajat, HDR, frame rate tinggi, 4K decoding, codec generasi lanjut, dan performa DRM yang mumpuni.



Melalui program ini, tim di YouTube mengevaluasi performa setiap perangkat, dan kemudian bekerja sama dengan pabrikannya untuk memperbaiki performa pemutaran video, dan juga masalah kapabilitas perangkat untuk memutar video di YouTube.

Saat ini ada 18 perangkat yang disebut dalam program tersebut yang bisa memanfaatkan fitur YouTube secara penuh. Ponsel-ponsel tersebut antara lain adalah Pixel 2 XL, OnePlus 6, HTC U12 Plus dan tentunya Galaxy Note 9, dan dalam daftar tersebut tak ada iPhone generasi mana pun.

Selain Apple memang merupakan kompetitor -- YouTube, Google dan Android berada di bawah perusahaan yang sama --, produk buatan Apple memang tak mendukung codec video VP9 yang dikembangkan YouTube. Hal yang sama juga membuat pengguna browser Safari tak bisa menonton video 4K di YouTube.




Tonton juga 'Intip Kemeriahan Peluncuran Samsung Galaxy Note 9':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/rou)
FOKUS BERITA Gebrakan Note 9

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed