iPhone X, Galaxy S9+, Huawei P20 Pro & Oppo Find X: Siapa Paling Gaya?

Perang Ponsel Flagship

iPhone X, Galaxy S9+, Huawei P20 Pro & Oppo Find X: Siapa Paling Gaya?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kamis, 19 Jul 2018 13:25 WIB
Samsung Galaxy S9+ dan iPhone X. Foto: Yulius Dimas Wisnu Adi Winarto/detikINET
Jakarta - Sejak akhir tahun lalu, pasar ponsel flagship di Indonesia sudah dimeriahkan oleh hadirnya iPhone X milik Apple. Kemudian, Samsung Galaxy S9+, Huawei P20 Pro, serta Oppo Find X secara berturut-turut mulai masuk ke Tanah Air pada tahun ini.

Muncul lebih dahulu dari para pesaingnya, iPhone X sukses menyedot perhatian dengan hadirnya notch pada layarnya. Walaupun bukan pabrikan pertama yang mengadaptasinya, 'poni' pada layar lebih dulu diusung oleh Essential, namun perusahaan asal Cupertino sukses menjadikannya tren dan diikuti oleh sejumlah vendor lainnya kemudian.


Di samping itu, sejumlah perubahan drastis dibanding seri-seri sebelumnya juga hadir dari sejumlah sisi. Salah satunya adalah penggunaan material kaca di bagian belakang yang dimanfaatkan untuk fitur wireless charging serta rangka stainless steel mengkilat. Di bagian belakang juga ditemukan kamera ganda, dengan ketiadaan pemindai sidik jari yang digusur fitur Face ID.

Tidak hanya itu, Apple juga menghilangkan tombol home fisik di ponsel yang memiliki varian warna space gray dan silver tersebut. Ini merupakan yang pertama kalinya setelah sepuluh tahun lamanya tombol tersebut menghiasi berbagai lini produk iPhone.

Ketiadaan tombol home fisik diakali dengan hadirnya AssistiveTouch di iOS sejak beberapa tahun lalu. Ini merupakan cara perusahaan pimpinan Tim Cook itu dalam membiasakan user agar tidak bergantung dengan tombol home fisik.

iPhone X.iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Menyusul di awal tahun, Samsung Galaxy S9+ melakukan sejumlah perubahan desain dibanding seri pendahulunya. Perubahan letak pemindai sidik jari, dan hadirnya kamera ganda di bagian belakang adalah sejumlah pembaruan yang dihadirkan perusahaan asal Korea Selatan pada ponsel flagship teranyarnya.

Turut mengusung material kaca di bagian belakangnya, yang mendukung fitur wireless charging, Galaxy S9+ lebih memilih metal sebagai bahan rangkanya. Tidak seperti iPhone X, ponsel ini tidak menerapkan notch pada layarnya, yang diakali dengan pemangkasan bezel di bagian atas.


Layar ponsel ini sendiri memiliki sudut yang dibuat melengkung oleh samsung. Hal ini membuat bentangan layarnya menjadi 6,1 inch jika diukur dari dua sudut lengkung secara diagonal. Jika sudut layarnya tidak dibuat melengkung, maka bentangan layarnya akan menjadi 6,2 inch.

Dalam urusan warna, perusahaan yang berkantor pusat di Seoul ini menghadirkan empat pilihan. Lilac purple, midnight black, coral blue, dan sunrise gold adalah varian yang diberikan untuk Galaxy S9+.

Samsung Galaxy S9+.Samsung Galaxy S9+. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kemudian, Huawei ikut meramaikan persaingan di pasar ponsel flagship di Indonesia dengan memboyong P20 Pro pada pertengahan tahun ini. Jika iPhone X mencuri perhatian dengan notch, maka smartphone ini menggebrak dengan kehadiran tiga kamera utama sekaligus.

Trio kamera tersebut terpasang di bagian belakang bodi yang menggunakan material kaca. Berbeda dengan Apple dan Samsung, Huawei tidak memanfaatkannya untuk wireless charging. Perusahaan asal China tersebut pun lebih memilih untuk menempatkan sensor sidik jari di bagian depan, yang juga bisa berfungsi sebagai gestur menggantikan tombol navigasi di dalam layar.


P20 Pro merupakan ponsel pertama Huawei yang menggunakan notch. Sedikit berbeda dengan iPhone X, desain 'poni' dibuat seminimalis mungkin dengan menawarkan pilihan apakah ingin memunculkannya atau tidak. Untuk urusan warna, twilight menjadi andalan, di samping hadirnya hitam sebagai pilihan lain.

Huawei P20 Pro.Huawei P20 Pro. Foto: Amanda Rachmadita

Yang terbaru, sekaligus melengkapi jejeran ponsel flagship tersebut, Oppo memboyong Find X ke Indonesia setelah diperkenalkan di Prancis. Mirip dengan Galaxy S9+, vendor asal China ini juga membuat sudut layar milik smartphone anyarnya itu melengkung.

Hadir tanpa notch dengan bezel tipis di bagian atas dan bawah layar membuat rasio screen-to-body Find X mencapai 93,8%. Angka tersebut merupakan yang paling tinggi di pasaran saat ini.


Satu yang tentunya tidak boleh ketinggalan untuk disebut adalah cara Oppo dalam meletakkan kamera pada ponsel flagship anyarnya. Mereka membuat modul khusus yang menyatukan kamera depan dan belakang serta sejumlah sensor untuk digunakan oleh fitur 3D Stealth Camera.

Modul tersebut akan muncul di bagian atas saat aplikasi kamera dijalankan atau ketika ingin membuka ponsel. Untuk pilihan warna, bordeaux red dan glacier blue adalah opsi yang dihadirkan oleh Find X.

Oppo Find X.Oppo Find X. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

Notch pada iPhone X, kesederhanaan Samsung Galaxy S9+, warna twilight Huawei P20 Pro, serta modul kamera Oppo Find X, membuat keempat ponsel flagship ini punya ciri masing-masing pada desainnya. Menurut kamu, siapa yang menang?

Tonton juga video: 'First Impression Oppo Find X, Smartphone Tercanggih dari Oppo'
[Gambas:Video 20detik]



Adu Menawan Desain Empat Smartphone Papan Atas
(mon/rns)