Selasa, 12 Des 2017 13:17 WIB

Tips Cerdas Belanja di #Harbolnas 2017: Jangan Kalap!

Indah Mustikasari - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Berbagai diskon di Hari Belanja Nasional (Harbolnas) memang menggiurkan. Jangan kalap, tetaplah menjadi konsumen cerdas saat berbelanja di Harbolnas.

Sejumlah persiapan pun perlu dilakukan saat hari H pesta belanja digelar supaya tidak sia-sia. Berikut adalah tips dari iPrice.

Koneksi Internet yang Cepat

Supaya belanja online semakin 'khusyuk', pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat supaya tidak membuang waktu dengan loading browser yang cukup lama.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan supaya belanja online dapat berjalan dengan lancar jaya. Entah itu pergi ke coffee shop, curi-curi belanja online menggunakan internet kantor, dan sebagainya. Yang penting jangan melakukan cara-cara ilegal, ya!

Cek Flash Sale Tiap Toko Online

Anda sudah bookmark tiap halaman khusus toko online sebelumnya, kan? Saat hari-H, lakukan refresh browser setiap jam.

Beberapa toko online memang suka mengadakan Flash Sale dadakan. Siapa tahu Anda menemukan diskon yang cocok untuk membeli barang impian.

Bagaimana caranya? Anda bisa membuat browser laptop Anda khusus untuk membuka tab berisi semua toko online. Sangat disarankan Anda membuka halaman khusus Harbolnas tiap e-commerce.

Berburu Kode Kupon dari Website Perbandingan Harga

Selain toko online yang menjual produk, sekarang ini terdapat juga website yang berfungsi membandingkan harga suatu barang dari toko-toko lain, seperti iPrice.co.id.

Biasanya website tersebut memiliki halaman khusus berisi kumpulan kupon dari semua e-commerce di Indonesia.

Anda bisa memanfaatkan website-website ini untuk menjaring semua kode kupon dan diskon belanja saat Harbolnas, terutama jika Anda nggak mau ribet membuka tab browser satu-persatu. Mudah dan cepat, kan?

Pastikan Ukuran Baju dan Sepatu Sudah Pas

Perlu diingat bahwa ukuran S, M, L, dan XL setiap brand bisa jadi berbeda. Jangan langsung menyimpulkan bahwa Anda akan pas dengan size M hanya karena biasanya beli baju dengan ukuran itu.

Pilihlah baju di e-commerce yang menampilkan deskripsi lengkap mencakup ukuran, lingkar dada, dan panjang baju. Dengan informasi ukuran yang lengkap tersebut Anda bisa mengetahui apakah baju pas dengan tubuh atau tidak.

Selalu Cek Rating dan Review Toko yang Bersangkutan

Khusus bagi Anda yang belanja di e-commerce C2C (costumer to costumer), Anda harus lebih berhati-hati berbelanja online saat Harbolnas.

Untuk menghindari penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan, selalu cek kembali rating dan review dari toko yang bersangkutan.

Jika dari segi harga, rating, dan review-nya meragukan, sebaiknya Anda mencari pemilik toko lain yang lebih terpercaya.

Pilih Jasa Pengiriman Paling Murah Supaya Hemat

Salah satu hal yang cukup mengganggu saat belanja online adalah ongkos kirim yang cukup mahal. Apalagi jika Anda tinggal di luar pulau Jawa, atau jarak antara pemilik toko dengan rumah Anda seperti dari Sabang hingga Merauke.

Cara yang paling mudah untuk menghindari ongkir yang mencekik dompet adalah dengan memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang paling murah.

Selalu Simpan Bukti Transaksi

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, simpanlah bukti-bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan antara Anda dengan penjual hingga transaksi benar-benar selesai.

Jika terjadi masalah, kamu bisa menunjukkan bukti-bukti transaksi tersebut untuk membela diri.


*Artikel ini merupakan kerja sama antara detikINET dengan iPrice. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed