Senin, 20 Nov 2017 07:26 WIB

Apple Gandeng Intel & Qualcomm untuk iPhone 2018

Yudhianto - detikInet
iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Belum lama iPhone X meluncur, kabar soal iPhone 2018 sudah muncul. Apple disebut akan menggandeng Intel dan Qualcomm dalam pengembangannya.

Tapi campur tangan Intel dan Qualcomm nanti sebatas urusan modem. Jadi Apple disebut akan mempercayakan komponen pada kedua produsen. Meski begitu kabarnya Intel yang akan kebagian jatah lebih banyak.

Pasalnya beredar informasi kalau Apple ingin membenamkan komponen yang mendukung 5G di iPhone mendatang. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, seperti dikutip detiKINET dari Ubergizmo, Senin (20/11/2017), Apple disebut telah menggandeng Intel.

Namun Apple sepertinya tak mau berpangku sepenuhnya pada Intel sebagai pemasok modem untuk iPhone mendatang. Qualcomm akan dipercaya Apple untuk menopang Intel untuk menangani permintaan.

Sebagai pemasok utama, Intel akan dibebani kuota antara 70-80% pasokan modem untuk iPhone selanjutnya, sementara sisanya ditangani Qualcomm. Tapi rencana masih bisa berubah mengingat Apple dan Qualcomm tengah berseteru di pengadilan soal paten.

Bisa saja Apple akhirnya memutuskan pasokan modem sepenuhnya ditangani oleh Intel.

Walau Apple dan Intel disebut telah berkolaborasi mengembangkan komponen 5G, teknologi tersebut belum pasti diboyong ke iPhone 2018. Namun pastinya bakal ada peningkatan dukungan kecepatan bila dibandingkan generasi iPhone saat ini.

Apalagi sampai saat ini iPhone menjadi salah satu ponsel yang modemnya belum mendukung kecepatan Gigabit. Sehingga bisa saja kerjasama Apple dengan Intel untuk mewujudkan kecepatan data Gigabit di iPhone.

Sebagai informasi, ponsel flagship lainnya hampir semua telah mendukung kecepatan data Gigabit. Jadi Apple mau tak mau harus mengejar ketertinggalan ini.



(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..