Rabu, 01 Nov 2017 18:15 WIB

Jejak 'Hapus Pesan' di WhatsApp Malah Bikin Penasaran?

Yudhianto - detikInet
Foto: Ilustrator: Nadia Permatasari W Foto: Ilustrator: Nadia Permatasari W
Jakarta - Setelah live location, fitur hapus pesan di WhatsApp turut menyita perhatian pengguna yang langsung menjajalnya. Namun bekas hapus pesan di WhatsApp menyisakan pertanyaan.

WhatsApp bukan yang pertama menyodorkan fitur hapus pesan. Sebelumnya BlackBerry Messenger (BBM) sudah menawarkannya sejak lama dengan sebutan retract message.

Nah seperti di BBM, di WhatsApp pun ada pemberitahuan kalau pesan sudah dihapus oleh pengirim. Padahal kalau sama sekali tidak meninggalkan jejak, barangkali lebih bagus.

Ya di WhatsApp, baik pengirim maupun penerima akan melihat pesan bertuliskan 'This message was deleted' yang menunjukkan kalau pengirim telah melakukan penghapusan.

Meski fitur hapus pesan di WhatsApp cukup membantu, jejak yang tersisa mungkin bakal memunculkan pertanyaan dari pengguna. "Kenapa harus ada pesan dihapus?," begitu kira-kira pertanyaan yang muncul.

Pasalnya ketika ada jejak pesan yang dihapus, pastinya akan menimbulkan rasa penasaran dari si penerima pesan. Yang pada akhirnya, penerima pesan malah akan bertanya langsung ke pengirim pesan.

"Kalau ada jejak hapus pesan kita jadi penasaran. Apalagi kalau yang mengirim pesan dari pasangan, pasti saya akan mencari tahu," kata Kris, salah seorang pengguna WhatsApp kepada detikINET.

Tapi tentu tidak semua orang menanggapi penghapusan pesan dengan berlebihan. Karena kemungkinan, lawan bicara cuma salah kirim pesan dan tidak ingin malu.

(yud/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed