BERITA TERBARU
Kamis, 14 Sep 2017 08:52 WIB

LinkSys Pamer Fitur Pindah-pindah WiFi bak Sinyal Hape

Yudhianto - detikInet
LinkSys EA7500. Foto: yud/detikINET LinkSys EA7500. Foto: yud/detikINET
Jakarta - LinkSys menonjolkan sebuah fitur bertajuk Seamless Roaming, yang memungkinkan pengguna merasakan sensasi koneksi tanpa jeda bak sinyal seluler.

Umumnya pengguna rumahan yang punya tempat tinggal cukup besar akan memanfaatkan lebih dari satu perangkat WiFi. Tujuannya tentu agar bisa tetap terhubung ketika berada di manapun di area rumah.

Masalahnya adalah, pengguna terkadang harus menghubungkan secara manual ketika terputus dari satu sambungan WiFi, supaya terhubung ke sambungan WiFi lainnya. Kalau pun semua perangkat WiFi telah terdaftar di perangkat, pengguna biasanya akan tetap merasakan jeda koneksi ketika sambungan bergeser ke sambungan lainnya.

Ini lah yang jadi perhatian LinkSys sehingga menonjolkan fitur Seamless Roaming. Fitur ini memungkinkan pengguna tak merasakan jeda koneksi ketika berpindah-pindah sambungan WiFi. Jadi sensasinya seperti sinyal seluler yang bisa terus tersambung di manapun tanpa pengguna repot-repot mengeceknya.

"Seamless roaming memungkinkan pengguna tetap terhubung tanpa jeda meski sebenarnya terhubung melalui perangkat yang berbeda-beda. Jadi pengguna tak perlu melakukan switch secara manual ke router lainnya yang dianggap lebih dekat," kata Teguh Prasetyo Mulya, Product Support Specialist LinkSys, di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

LinkSys Pamer Seamless Roaming, Fitur Pindah-pindah Wifi Senyaman Sinyal HapeTeguh Prasetyo Mulya, Product Support Specialist LinkSys. Foto: yud/detikINET

LinkSys sendiri telah membenamkan fitur ini di perangkat terbarunya, EA7500 yang menyodorkan standar teknologi AC 1900+. Kelebihan perangkat router ini juga terletak di kemampuan transfer datanya yang mencapai 1,9 Gbps.

Belum lagi fitur Multipe User – Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO), yang memungkinkan semua perangkat terhubung memperoleh jatah kecepatan yang sama kencang. Sehingga tak ada diskriminasi antar satu perangkat terhubung dengan yang lainnya.

"Berbeda dengan Single User-MIMO, yang kadang hanya memprioritaskan beberapa perangkat dibanding perangkat lainnya," jelas Teguh.

Tak hanya itu, perangkat router EA7500 juga memiliki fitur Guest Access. Jadi bila misalnya ada tamu yang ingin terhubung dengan WiFi di rumah, akan diarahkan ke tampilan login di browser, seperti yang kerap ditemui di hotel-hotel.

Saat ini EA7500 ditawarkan seharga Rp 2,4 juta. Sementara bila dipaketkan dengan perangkat range extender RE7000 yang turut mendukung fitur Seamless Roaming, LinkSys menghargainya di angka Rp 3,8 juta.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..