iPhone 5 Tidak Kebagian iOS 11

WWDC 2017

iPhone 5 Tidak Kebagian iOS 11

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 06 Jun 2017 13:02 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Setiap Apple menghadirkan iOS baru, ada saja perangkat yang tidak mendapatkan pembaruan tersebut. Tahun ini dipastikan iPhone 5 menjadi salah satu yang tidak kebagian iOS 11.

Selain iPhone 5, iPhone 5C dan iPad generasi keempat juga mengalami nasib yang sama. Tapi hal tersebut sebenarnya wajar, sebab ketiga perangkat ini sudah cukup lama dirilis.

Saksikan video 20detik tentang iOS 11 di sini:


Untuk diketahui iPhone 5 dan iPad generasi empat dirilis 5 tahun lalu, sedangkan iPhone 5C 4 tahun silam. Jadi secara spesifikasi memang cukup tertinggal dari saudaranya yang lain.

Tapi sebenarnya itu bukan alasan utama. Ketiganya adalah perangkat terakhir yang menggunakan prosesor 32-bit. Sementara Apple sendiri makin fokus pada 64-bit.

Perusahaan besutan Steve Jobs itu bahkan diketahui telah membuang aplikasi 32-bit dari toko aplikasinya. Apple pun sudah beberapa kali memperingatkan pengembang untuk mulai mengganti aplikasi dari 32-bit ke 64-bit.

Jadi bisa dikatakan tidak ada pembaruan iOS 11 di iPhone 5, 5C serta iPad generasi empat sebagai cara 'memaksa' penggjna untuk beralih ke arsitektur 64-bit.

iPhone 5 Tidak Kebagian iOS 11Foto: Apple

Lantas perangkat mana saja yang mendapat iOS 11? Apple memastikan perangkat iPhone 5S dan di atasnya akan mendapatkan update ini.

Untuk lini tablet, iOS 11 bakal menyambangi semua seri iPad Air dan iPad Pro. Selain itu iPad 5th generation, iPad mini 2 dan di atasnya juga dipastikan akan mendapatkan pembaruan tersebut. Tidak ketinggalan iPod Touch 6th generation.

iOS 11 versi developer preview mulai dikirimkan Apple pada 6 Juni. Sementara versi Public Beta akan tersedia akhir Juni mendatang. Versi final baru baru bisa dinikmati September mendatang.

Untuk fitur baru iOS 11 bisa dibaca di sini. (afr/fyk)