Nvidia GTX 1060 Tembus 3 GHz, Indonesia Juara Overclock Dunia!

Nvidia GTX 1060 Tembus 3 GHz, Indonesia Juara Overclock Dunia!

Yudhianto - detikInet
Kamis, 22 Des 2016 12:02 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Seorang anak bangsa membawa nama Indonesia ke puncak teratas pentas overclock dunia. Alva Jonathan memenangkan kejuaraan overclock bertaraf global di Wuhan, China.

Pria yang juga dikenal dengan sebutan Lucky_n00b ini sebenarnya bukan nama baru di jagat overclock dunia. Alva telah sejak lama lalu-lalang di berbagai kejuaraan overclock yang digelar di seluruh dunia. Kini usahanya tersebut pun terjawab, Ia berhasil menjuarai kompetisi overclocking dunia bertajuk Galax Overclocking Carnival (GOC) 2016.

Demi mendapat gelarnya itu, Alva harus berhadapan dengan sebelas overcloker ternama lainnya dari beberapa negara. Adapun tantangan yang harus dihadapinya adalah mendogkrak kecepatan clock kartu grafis Nvidia GTX 1060 setinggi mungkin dari kecepatan standarnya.

Sebagai informasi, dalam kondisi standar GTX 1060 berjalan dalam kecepatan standar 1.620 MHz. Sedangkan dalam mode turbo kecepatannya bisa mencapai 1.847 MHz. Tapi di tangan Alva, kecepatan kartu grafis itu pun mampu didongkrak sampai hampir dua kali lipatnya.

Alva sukses melakukan overclock terhadap GTX 1060 hingga kecepatan 3 GHz! Pencapaian ini sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemegang rekor overclock tertinggi untuk GTX 1060. Dia juga mencatatkan perolehan poin sebesar 184, hasil dari empat pengujian benchmark yang terdiri dari 3DMark 11 Physics, Geekbench 3, 3DMark Time Spy, dan 3DMark Fire Strike Ex. Alva unggul dua poin dari overclocker asal Afrika yang memperoleh 182 poin.

Atas kesuksesannya, Alva pun diganjar hadiah utama sebesar 30 ribu yuan atau sekitar Rp 58 juta. Tapi lebih dari itu, Alva telah berhasil memposisikan Indonesia di jajaran teratas sebagai negara dengan overclocker yang patut diperhitungkan di kancah global. (yud/rns)