Dual Kamera Xiaomi Redmi Pro, Bisa Apa Sih?

Dual Kamera Xiaomi Redmi Pro, Bisa Apa Sih?

Yudhianto - detikInet
Rabu, 27 Jul 2016 16:48 WIB
Foto: Xiaomi
Jakarta - Redmi Pro resmi diumumkan Xiaomi sebagai flagshipnya. Ponsel ini tampil mewah dengan bodi metal dan spesifikasi tinggi. Namun daya tarik ponsel ini sejatinya ada di fitur dual camera yang diusungnya.

Tren kamera ganda memang lagi booming belakangan ini. Meski pertama kali diperkenalkan oleh HTC lewat One M8, teknologi dual camera benar-benar naik ke permukaan ketika Huawei menyematkannya di P9. Apalagi vendor China ini juga membawa embel-embel merek Leica sebagai salah satu pionir di industri kamera.

Sejumlah produsen ponsel mulai mengikuti langkah Huawei, meski rata-rata status produknya masih bocoran. Seperti misalnya iPhone 7 yang katanya akan menganut teknologi dual camera tersebut. Adapun yang sudah resmi diluncurkan adalah LG G5.

Sekarang giliran Xiaomi yang resmi ikutan tren ini. Lewat Redmi Pro, Xiaomi resmi memperkenalkan ponsel dual camera pertamanya. Janji-janji hasil jepretan bak kamera DSLR pun jadi jargon Xiaomi untuk mewakili kualitas dual camera di Redmi Pro.

Oke, pertama kita ulas dulu dari sisi spesifikasi dual camera Redmi Pro. Tak seperti Huawei P9 yang mengusung dua kamera 12 MP, Xiaomi lebih memilih memadukan kamera 13 MP dan 5 MP sebagai senjatanya.

Yang menarik bukan hanya itu, selain beda kemampuan ternyata sensor masing-masing kamera juga berbeda. Kamera utamanya yang 13 MP dibekali sensor Sony IMX 258, sedangkan yang sekunder dipercayakan pada sensor bikinan Samsung. Mungkin ISOCELL, entahlah belum ada informasi jelas soal ini.

Pastinya bukan tanpa alasan menggunakan dua sensor berbeda di dual camera Redmi Pro. Tiap-tiap kamera punya fungsinya masing-masing. Kamera utamanya yang 13 MP diklaim Xiaomi bertugas untuk menangkap gambar, sedangkan yang 5 MP menyempurnakan kedalaman dari gambar yang dijepret sehingga membuat gambar lebih hidup.

Tapi untuk menentukan kedalaman gambar yang optimal, kamera 5 MP tersebut tidak bekerja sendirian. Xiaomi membenamkan chip khusus yang dinamai ImagiQ. Chip ini yang bertugas untuk memproses kedalaman yang ditangkap oleh kamera sekunder 5 MP.

Dual camera juga identik dengan efek bokeh bak jepretan DSLR. Begitu juga di Redmi Pro, Xiaomi bahkan sampai menyebutnya 'outstanding DSLR-Quality Bokeh'. Hasil-hasil jepretan Redmi Pro yang yang diposting Xiaomi pun seakan membuktikan klaim tersebut.

Berikut beberapa hasil jepretan dual camera Redmi Pro, silakan simpulkan sendiri.
(yud/ash)