Rabu, 27 Jul 2016 08:50 WIB

Nexus & Android One Kebagian Fitur Anti Spam

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Jakarta - Google akhirnya menyediakan fitur perlindungan dari telepon spam pada ponsel Nexus dan Android One setelah banyak penggunanya yang melayangkan keluhan.

Syaratnya menggunakan fitur ini cuma satu, menyalakan fitur caller ID. Dengan begitu, jika ada telepon yang nomornya sudah tergolong spam, ponsel akan menampilkan layar berwarna merah dengan tulisan 'suspected spam caller'.

Setelah menerima telepon tersebut, akan ada opsi untuk benar-benar memblokir nomor tersebut, atau memasukkan nomor tersebut ke dalam 'daftar putih' jika ternyata nomor tersebut bukanlah spam.

Kalau pun ada nomor yang terlewat oleh Google, pengguna bisa melaporkan nomor-nomor tertentu ke Google untuk memasukkannya ke dalam daftar spam. Fitur ini merupakan lanjutan dari fitur di ponsel Nexus sebelumnya, yaitu daftar perusahaan di Google My Business, yang otomatis menampilkan nama perusahaan dalam caller ID ponsel.

Fitur anti spam ini akan tersedia untuk perangkat Nexus dan Android One dalam waktu dekat. Atau bisa juga diinstal di ponsel lain dengan OS Android 6.0 ke atas, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (27/7/2016).

Sebelumnya Samsung sudah lebih dulu menawarkan perlindungan dari telepon spam terhadap pengguna Galaxy S7 sejak Februari lalu. Vendor asal Korea Selatan itu menggandeng Whitepages dalam menyediakan fitur tersebut. (asj/rou)