Alat Pembobol iPhone Harganya Cuma Rp 2 Jutaan

Alat Pembobol iPhone Harganya Cuma Rp 2 Jutaan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 05 Apr 2016 12:07 WIB
Foto: Internet
Jakarta - Masih ingat 'perang' antara Apple dan FBI soal enkripsi iPhone? Ternyata alat pembobol password iPhone seperti yang dibutuhkan FBI harganya cuma USD 170 atau sekitar Rp 2,2 juta (USD 1 = Rp 13.300).

Nama alat tersebut adalah IP-BOX, yang dijual di sebuah toko di London, Inggris bernama Fone Fun Shop. Menurut Mark Strachan, direktur toko tersebut, alat ini dikembangkan untuk membantu pengguna iPhone mengembalikan foto ataupun kontak di iPhone yang terkunci karena lupa password.

IP-BOX diimpor dari Hong Kong, dan bisa dipakai di iPhone dengan OS iOS 7 ke bawah. Strachan awalnya pesimis kalau alat ini benar-benar bisa dipakai. Namun menurutnya, setelah digunakan, ternyata IP-BOX benar-benar bisa berfungsi.

Alat ini disebut bisa memecahkan password iPhone dalam rentang waktu antara 6 detik hingga 17 jam. Ketika dicoba, IP-BOX bisa membongkar password iPhone 5C dalam waktu 6 jam, dikutip detikINET dari Daily Mail, Selasa (5/4/2016).

Strachan percaya kalau IP-BOX menggunakan metode serupa dengan yang dipakai FBI untuk membuka kunci iPhone 5C milik teroris di kasus San Bernardino. Si pembuat alatnya menjanjikan akan segera merilis alat baru yang bisa dipakai untuk membuka kunci iPhone dengan iOS 9. (asj/fyk)