BlackBerry 'Android' Vienna Usik Galaxy S7 & G5

MWC 2016

BlackBerry 'Android' Vienna Usik Galaxy S7 & G5

Yudhianto - detikInet
Senin, 22 Feb 2016 14:22 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Samsung Galaxy S7 dan LG G5 bisa dibilang adalah bintangnya Mobile World Congress (MWC) 2016. Tapi kalau rumor yang beredar benar, BlackBerry bisa saja mengusik euforia kedua ponsel kelas atas tersebut.

Di hari pertama (22/2/2016) gelaran MWC 2016, tiba-tiba saja berhembus kencang kabar soal ponsel Android kedua BlackBerry. Meski tentu butuh pembuktian, konon perusahaan Kanada ini akan merilis ponsel anyarnya tersebut di Barcelona, Spanyol.

Bila benar, tentu ini cukup mengejutkan. Pasalnya, ponsel yang kabarnya akan dinamai BlackBerry Vienna sudah cukup lama meredup. Namun terlepas dari itu, kalau Vienna benar-benar diluncurkan, BlackBerry berpeluang mengganggu euforia Galaxy S7 dan G5. Kok bisa?

Karena gosipnya Vienna akan dibanderol lebih murah dari pendahulunya, Priv. Sejauh apa selisih harganya, memang belum ada yang bisa memastikan. Namun tak sedikit yang optimistis kalau Vienna sedikit banyak akan mampu membantu BlackBerry bangkit kembali.

Di sisi pengguna, Vienna cukup bikin penasaran dan cukup dinanti oleh fans Blackberry. Sebab Vienna mengusung keyboard fisik yang tampil bak kebanyakan ponsel lawas BlackBerry.

Ditambah lagi ponsel ini juga telah dibenamkan OS Android sebagai jawaban atas minimnya dukungan aplikasi di OS BlackBerry 10, sekaligus menjawab keinginan fans BlackBerry yang sejak lama berharap OS robot hijau di ponsel BlackBerry.

Seperti apapun Vienna nantinya, tiga hari gelaran MWC 2016 bakal terang-terangan menjawabnya bila rumor ini terbukti. Asal jangan berharap terlalu tinggi, karena kalau mengacu pada bocoran spesifikasinya yang menyebut Vienna akan punya layar full HD 5 inch, RAM 3 GB dan kamera 18 MP, sepertinya ponsel ini tak akan cukup terjangkau untuk sebagian besar orang.

Mungkin memang lebih murah dari Priv yang desainnya premium, tapi sepertinya banderol Vienna kemungkinan akan tetap berada di kategori kelas atas. Jadi apakah Vienna akan benar-benar meluncur di MWC 2016, jawabannya ada di tiga hari ke depan. (yud/ash)