Cegah Overheat, Alasan Galaxy S7 Usung Liquid Cooling

Laporan dari Barcelona

Cegah Overheat, Alasan Galaxy S7 Usung Liquid Cooling

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 22 Feb 2016 08:19 WIB
Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo
Barcelona - Game untuk smartphone belakangan ini semakin canggih, terutama soal grafis yang makin memukau. Jenis game pun kian beragam, maka wajar jika makin banyak pengguna smartphone hobi ngegame. Nah, Galaxy S7 dirancang untuk memuaskan para gamer di ponsel cerdas. Apa saja kemampuannya?

Saat main game, salah satu masalah yang mungkin terjadi di smartphone adalah panas berlebihan. Ini karena dapur pacu smartphone melakukan tugas berat. Sebagai solusi, sesuai rumor yang sudah beredar, Samsung coba mengatasi masalah itu di Galaxy S7 dengan sistem pendinginan berbasis cairan.

Sistem pendinginan cairan di Galaxy S7 ini, yang baru diterapkan pertama kali oleh Samsung di ponselnya, adalah semacam pipa sangat tipis yang mengandung air. Letaknya di dalam bodi handset Galaxy S7.

Jika Galaxy S7 terindikasi mengalami masalah panas berlebihan karena telalu jor-joran digunakan untuk main game, maka air di heat-pipe itu akan menguap dan mendinginkan prosesor. Kemudian, uap itu kembali diubah menjadi air dan demikian seterusnya.

Teknologi tersebut sangat mirip dengan sistem pendinginan di komputer desktop. Meski tentu saja skala ukurannya jauh lebih kecil di Galaxy S7.

Selain heat-pipe, ada fitur lain di Galaxy S7 untuk memanjakan gamer. Selama ini saat main, gamer kerap terganggu dengan notifikasi panggilan atau pesan. Itu memang lumrah karena media bermain adalah smartphone, yang pada intinya merupakan perangkat telekomunikasi.

Tapi jika ada pemecahan terhadap masalah itu, mengapa tidak? Di Galaxy S7, Samsung membenamkan opsi pengaturan, di mana user bisa memilih agar tidak terganggu sama sekali saat main game. Jadi ketika opsi itu diaktifkan, notifikasi yang masuk tidak akan ditampilkan kala user bermain game.

Samsung juga melakukan penambahan signifikan di sektor grafis Galaxy S7 dan S7 Edge. Prosesor grafis di Galaxy S7 sekitar 64% lebih cepat dari Galaxy S6, yang seharusnya berarti ngegame di S7 bakal lebih halus dan lebih baik detail gambarnya. (fyk/yud)