Senin, 08 Jun 2015 13:07 WIB

Pakai Android M, Nexus 5 Jadi Super Irit

Yudhianto - detikInet
nexus 5 (detikINET) nexus 5 (detikINET)
Jakarta -

Resmi diumumkan beberapa waktu lalu, Android M versi developer preview makin digeber pengembangannya. Kini OS penerus Lollipop ini tengah dijajal di ponsel Nexus 5, dan kabarnya Android M mampu bikin baterai Nexus 5 jadi super irit.

Tim pengembangan Android M melakukan perbandingan dengan Nexus 5 yang memakai Android 5.1.1 Lollipop. Dalam pengujiannya, Nexus 5 dengan Android 5.1.1 mengkonsumsi daya sebesar 12% ketika dibiarkan standby selama 24 jam penuh. Sedangkan ketika dipakaikan Android M, Nexus 5 cuma mengkonsumsi daya baterai sebesar 4,5% saja.

Begitu juga ketika waktu standy Nexus 5 tersebut diperpanjang hingga 48 jam. Yang memakai Android 5.1.1 Lollipop mengkonsumsi daya 24%, sementara yang menggunakan Android M hanya mengkonsumsi daya 9% dari baterai.

Hal ini dimungkinkan karena Android M punya sebuah fitur bernama Doze. Fitur ini adalah sebuah penghemat daya yang lebih canggih karena mampu menempatkan ponsel dalam kondisi standby yang mendekati ‘mati’. Doze baru akan aktif bila ponsel dalam kondisi standby dalam waktu lama, misalnya ketika ditinggal tidur.

Fitur Doze juga bisa dipadu penggunaannya dengan fitur lainnya di Android M bernama App Standby. Jadi mengandalkan fitur ini, aplikasi di ponsel yang cuma standby di background bakal dinonaktifkan sambungan datanya. Namun pengguna bisa mengembalikan sambungannya kembali melalui menu yang tersedia, atau dengan menancapkan ponsel ke kabel charger atau pengisian baterai.

Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Senin (8/6/2015), berkat fitur-fitur tersebut Android M bisa memperpanjang waktu standby Nexus 5 yang diuji hingga 533 jam. Waktu standby ini terdongkrak signifikan dari yang sebelumya memakai Android 5.1.1 Lollipop hanya 200 jam.

(yud/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed