Ponsel Murah pun Bisa Jelajahi Dunia Virtual Reality

Ponsel Murah pun Bisa Jelajahi Dunia Virtual Reality

- detikInet
Selasa, 12 Mei 2015 18:11 WIB
Jakarta -

Teknologi virtual reality (VR) sudah mulai populer sejak setahun ke belakang. Namun sayangnya, banyak perangkat VR tersebut dijual dengan harga mahal, ataupun sulit ditemukan di pasaran, seperti Oculus Rift dan Samsung Gear VR.

Dan Google punya solusinya,dengan merilis Google Cardboard pada tahun 2014. Sayangnya, saat itu Cardboard hanya kompatibel secara penuh dengan sejumlah perangkat berharga mahal, salah satunya Nexus 5.

Namun ternyata, kini Cardboard pun ternyata kompatibel dengan ponsel murah Android One yang dijual dengan harga Rp 1 jutaan, salah satunya Evercoss One X. Ini bisa terjadi karena ponsel tersebut dilengkapi dengan sensor gyro, yang membuatnya bisa memainkan aplikasi-aplikasi VR yang tersedia di Google Play Store.

"Dengan memasukkan ponsel Evercoss One X (ke dalam cardboard-red), pengguna bisa merasakan sensasi VR tanpa harus membeli perangkat yang mahal," sebut William T, Product Development Manager PT Aries Indo Global dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (12/5/2015).

Evercoss One X adalah ponsel berbasis Android One dengan layar ukuran 4,5 inch resolusi 840 x 480 pixel. Jeroannya menggunakan prosesor quad core MediaTek 1,3 GHz, RAM 1 GB, dan memori internal berkapasitas 8 GB.

Di sektor perekam gambar, perangkat ini mengandalkan kamera depan dengan resolusi 2 megapixel dan kamera belakang 5 megapixel. Sementara OS-nya, layaknya ponsel Android One lain menggunakan Android 5.1 Lollipop.

Perangkat Cardboard kini sudah banyak ditemui di pasaran, dengan harga yang terjangkau. Versi termurahnya biasa dijual dengan harga di bawah Rp 100 ribu, dan bisa ditemui di banyak toko-toko di dunia maya.

(asj/fyk)