Kesan Pertama Menjajal Ponsel 4G Ekonomis Smartfren

Laporan dari China

Kesan Pertama Menjajal Ponsel 4G Ekonomis Smartfren

- detikInet
Rabu, 29 Apr 2015 12:08 WIB
Shandong - Haier sudah memperkenalkan C4 dan G3 yang akan digunakan Smartfren untuk melakukan penetrasi pasar 4G LTE. Kedua smartphone ini akan dilepas ke pasar dengan harga kompetitif oleh Smartfren.

“Di bawah Rp 2 juta. Harga pastinya nanti ya,” ujar Head of Smartphone Smartfren, Sukaca Purwokardjono, di kantor Haier, Qingdao, Tiongkok, Selasa (28/4/2015).

Sayang, detikINET tidak diperkenankan mengulik lebih dalam G3 dan C4. Namun dari penampilan luarnya, keduanya memiliki ciri smartphone Smartfren pada umumnya, simpel dan sederhana.

Penampilan

Kedua smartphone buatan Haier ini bentuknya kotak dengan sudut-sudut tumpul di keempat sisi. Ukurannya pas di tangan orang Asia, terutama Indonesia, baik ketika difungsikan dengan satu tangan maupun dua tangan. Bagian luarnya terbuat dari plastik yang berkualitas bagus



Tebal C4 dan G3 tidak lebih besar daripada sebuah pensil. Selain ukuran layar yang menjadi pembeda, C4 ukuran 4,5 inch dan G3 hanya 4 inch, Haier memberikan sentuhan bezel metal di sekeliling bodi G3.

User Interface dan Performa

Keduanya masih menunjukkan interface dasar OS Android 5.0 Lollipop. Sederhana namun tetap fungsional.

Informasi yang beredar, Smartfren akan membenamkan OS Cyanogen ke dua smartphone barunya tersebut. Saat ini serangkaian uji coba dan tes masih dilakukan untuk memastikan OS oprekan Android ini bisa berjalan mulus di C4 dan G3.

Prosesor Snapdragon Quad Core membuat perpindahan halaman di Haier C4 dan G3 sangat mulus, tanpa ada lag. Begitu juga ketika keduanya digunakan untuk browsing, keduanya dapat membuka halaman website dengan waktu relatif singkat.

Saat di-benchmark dengan AnTuTu, Haier C4 memperoleh skor 21.644. Sedangkan Haier G3 diperkirakan juga akan mendapat skor tidak jauh dari saudaranya mengingat jeroan keduanya mirip.

Layar dan kamera

Tidak ada yang istimewa di kedua layar Haier C4 dan G3, maklum saja kerapatannya hanya 800x480 pixel (C4) dan 854x480 pixel (G3). Berharap saja smartphone 4G LTE ekonomis ini dapat melakukan streaming video dengan lancar dengan kualitas gambar yang mumpuni juga.



Dari segi kamera, C4 lebih unggul daripada saudaranya G3. C4 memiliki kamera 5 MP depan belakang yang dua-duanya dilengkapi lampu flash. Pastinya hasil foto selfie atau foto bareng tidak akan mengecewakan. Bandingkan dengan kamera G3 yang tanpa dilengkapi lampu flash dan kamera depannya hanya 2MP.

Lain-lain

Harga bersaing sepertinya menjadi kunci utama Smartfren dalam melepas kedua smartphone yang 4G LTE ready. Ketersedian dual slot untuk GSM cocok bagi Anda yang mau mencicipi gegasnya jaringan 4G LTE.

Slot pertama untuk SIM card Smartfren yang juga bisa melakukan panggilan CDMA. Sedangkan slot kedua diperuntukkan bagi pengguna GSM yang masih sayang membuang kartu lamanya.

(ash/ash)
Debat Capres AS