Tokenisasi, 'Satpam' Mobile Payment untuk iPhone 6

ADVERTISEMENT

Tokenisasi, 'Satpam' Mobile Payment untuk iPhone 6

- detikInet
Selasa, 09 Sep 2014 09:10 WIB
Jakarta - iPhone 6 disebut-sebut akan menghadirkan layanan mobile payment yang memanfaatkan teknologi NFC. Meski belum dikonfirmasi, namun kabar ini sepertinya sudah direspons publik dengan baik. Namun bagaimana dengan keamanannya?

Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (8/9/2014), laporan Bank Innovation menyebutkan, Apple menjawab isu keamanan mobile payment yang akan dihadirkannya dengan menggunakan teknologi tokenisasi.

Bagi yang tidak familiar dengan tokenisasi, teknologi bisa muncul dalam berbagai bentuk. Contohnya, bank tempat Anda menjadi nasabah akan menyediakan gadget atau perangkat kecil yang memunculkan sederet kode ketika Anda akan melakukan pembayaran atau transfer melalui akun rekening.

Nomor yang dihasilkan dari alat ini hanya bisa dipakai sekali. Ini untuk memastikan bahkan ketika akun bank dihack, si penjahat cyber tidak bisa mentransfer dana, kecuali dia memiliki alat token untuk bertransaksi.

Kembali ke soal keamanan sistem mobile payment di iPhone 6, belum diketahui bagaimana nantinya Apple akan menerapkan teknologi ini. Namun kemungkinan, cara seperti ini akan menjadi salah satu standar keamanan yang akan digunakan.

iPhone 6 diprediksi akan dimunculkan pada event Apple yang digelar 9 September. Salah satu fitur unggulan smartphone terbarunya itu kemungkinan besar adalah kemampuan handset yang bisa menjadi dompet digital.

Bocoran dari sumber Bloomberg menyatakan bahwa pengguna iPhone 6 bisa melakukan transaksi pembayaran secara aman di toko dengan cara yang sederhana melalui chip khusus dan teknologi pemindai sidik jari.

Apple kabarnya sudah mencapai kesepakatan dengan perusahaan keuangan Visa, Mastercard dan American Express untuk memungkinkan iPhone 6 menjadi sumber pembayaran.

(rns/rou)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT